Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pansela Banten Dijamin Mulus, Siap Jadi Jalur Alternatif Mudik

Kompas.com - 27/03/2024, 05:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

CILEGON, KOMPAS.com - Jalan pantai selatan (pansela) Provinsi Banten dijamin mulus dan mampu mendukung arus mudik Lebaran 2024.

"Bisa dikatakan 100 persen kemantapan jalan pansela," ujar Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Wahyu Supriyo Winurseto saat ditemui di Pelabuhan Merak, Banten, Selasa (26/3/2024).

Adapun total panjang pansela Banten adalah 127 kilometer yang terbentang dari daerah Sumur sampai Bayah.

"Kondisinya mantap karena memang jalannya sudah bagus, sudah baru, dan lalu lintasnya masih agak minim. Jadi kondisi jalannya lebih terjaga di sana (pansela)," lanjut Wahyu.

Di sisi lain, kemantapan jalan pantai utara (pantura) Banten sepanjang 136 kilometer adalah sebesar 96,8 persen.

Wahyu menjelaskan bahwa pantura Banten menjadi jalur andalan pemudik menggunakan sepeda motor yang hendak melakukan penyebrangan melalui Pelabuhan Ciwandan.

Baca juga: Ini Biaya Tol dari Surabaya ke Solo/Yogya, Pastikan Saldo E-toll Cukup

"Kalau yang mau menuju Pelabuhan Ciwandan kalau dari Jakarta baiknya melalui pantura kemudian masuk jalur lintas selatan di Cilegon," jelasnya.

Sebagai informasi, total panjang jalan nasional di Provinsi Banten mencapai 567,9 kilometer dengan tingkat kemantapan jalan 95,88 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com