Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Biaya Tol dari Surabaya ke Solo/Yogya, Pastikan Saldo E-toll Cukup

Kompas.com - 26/03/2024, 15:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Besaran tarif tol untuk perjalanan dari Surabaya ke Solo/Yogyakarta perlu diketahui masyarakat saat momen mudik Lebaran 2024.

Tujuannya agar Anda dapat mempersiapkan saldo uang elektronik (e-toll) sehingga mencukupi kebutuhan perjalanan di jalan tol.

Lagi pula, berdasarkan hasil survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub), potensi pergerakan masyarakat secara nasional diprediksi mencapai 193,6 juta orang.

Dari jumlah itu, pilihan moda transportasi yang digunakan untuk perjalanan didominasi mobil dengan 18,29 persen atau 35,42 juta orang.

Apalagi, Jawa Tengah menjadi daerah tujuan pemudik terbanyak secara nasional dengan jumlah 61,6 juta orang atau setara 31,81 persen.

Sementara, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) juga menjadi daerah tujuan pemudik terbanyak keempat secara nasional dengan jumlah 11,7 juta orang atau setara 6,06 persen.

Baca juga: Tol Trans-Jawa Masih Jadi Jalur Favorit Mudik Lebaran

Untuk itu, dengan potensi padatnya kendaraan momen Lebaran, jangan sampai Anda kekurangan saldo e-toll saat perjalanan dari Surabaya ke Solo/Yogyakarta.

Merujuk pada unggahan akun Instagram PT Jasa Marga (Persero) Tbk pada Sabtu (23/3/2024), pengguna jalan tol yang melakukan perjalanan dari Surabaya ke Solo/Yogyakarta setidaknya akan melintasi 4 ruas tol.

Berikut rincian ruas tol Surabaya-Solo/Yogyakarta sekaligus tarifnya untuk kendaraan golongan 1:

  • Tol Mojokerto-Surabaya: Rp 39.000
  • Tol Kertosono-Mojokerto: Rp 50.000
  • Tol Ngawi-Kertosono: Rp 98.000
  • Tol Solo-Ngawi: Rp 131.000

Berdasarkan rincian tarif di atas, estimasi total tarif tol Surabaya-Solo/Yogyakarta mencapai sebesar Rp 318.000.

Dengan demikian, jumlah saldo e-toll yang perlu dipersiapkan untuk perjalanan dari Surabaya ke Solo/Yogyakarta minimal sebesar Rp 350.000 atau bahkan Rp 400.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com