Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Trans-Jawa Masih Jadi Jalur Favorit Mudik Lebaran

Kompas.com - 26/03/2024, 08:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Trans-Jawa masih menjadi jalur favorit mudik Lebaran bagi masyarakat.

"Tentu setelah tersambung, Tol Trans-Jawa itu jadi favorit," ujar Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Unsur Masyarakat Tulus Abadi saat ditemui usai kegiatan Forum Merdeka Barat 9 di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Senin (25/3/2024).

Menurut Tulus, masyarakat lebih memilih jalan tol ketimbang jalan nasional karena merasa lebih aman, meskipun harus membayar tarif perjalanan.

"Karena kan Pantura misalnya, tentu nanti ada mix traffic, ada sepeda motor, ada gangguan-gangguan lainnya yang itu akan memengaruhi pergerakan," lanjut Tulus.

Sementara berdasarkan survei yang dilakukan Kementerian Perhubungan, pergerakan masyarakat secara nasional pada mudik Lebaran 2024 berpotensi mencapai 71,7 persen dari jumlah penduduk Indonesia atau sebanyak 193,6 juta orang.

Sedangkan diperkirakan mobilitas pemudik di Pulau Jawa mencapai hingga 56 persen dari 193,6 juta orang tersebut.

Baca juga: Lewat Tol Tamer, Cipali, dan Jombang-Mojokerto, Pemudik Dapat Diskon

"Di Jawa mobilitasnya mencapai 56 persen dan itu kan sepanjang ada ruas tolnya pasti mungkin masyarakat akan memilih menggunakan jalan tol itu," tuturnya.

Selain Tol Trans-Jawa, ada Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) yang menjadi jalur favorit pemudik Lebaran.

"Nah Tol Trans-Sumatera dengan panjang 800 kilometer itu juga akan menjadi favorit bagi pemudik dari Jawa menuju Sumatera dan itu kan ditandai dengan pemudik yang dominan di pelabuhan," tuntas Tulus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com