Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Rest Area" Jadi Salah Satu Penyebab Kemacetan di Jalan Tol

Kompas.com - 26/03/2024, 06:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comRest area atau Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) menjadi salah satu faktor penyebab kemacetan di jalan tol.

Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Unsur Masyarakat Tulus Abadi mengatakan, hal ini bisa terjadi apabila fasilitas di jalan tol tidak mampu melayani kebutuhan pengguna.

"Karena ketika kita masuk ke rest area, kemudian kita butuh ke toilet ternyata toiletnya kurang, itu akan memperparah kemacetan dan sebagainya," ujar Tulus dalam Forum Merdeka Barat 9 di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Senin (25/3/2024).

Oleh karena itu, guna memperlancar arus mudik dan balik pada momentum Lebaran 2024, Tulus mengimbau Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk menambah fasilitas di rest area, khususnya portabel toilet.

Selain itu, BUJT juga diimbau untuk menambah fasilitas CCTV di rest area untuk mempermudah pemantauan kepadatan rest area.

"Sehingga, pengguna diimbau jangan parkir di bahu jalan mendekati rest area kalau rest area-nya sudah penuh," lanjut Tulus.

Baca juga: Lewat Tol Tamer, Cipali, dan Jombang-Mojokerto, Pemudik Dapat Diskon

Pasalnya, memarkir kendaraan di bahu jalan akan membahayakan sesama pengguna jalan dan memperparah kemacetan.

Dalam hal ini, pihak Kepolisian turut diharapkan bisa mengarahkan pengguna jalan tol untuk mencari rest area di jalan arteri terdekat.

"Karena nanti ketika menempuh perjalanan, kan banyak dari Sumatera ke Jawa, capek, memang perlu istirahat," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com