Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rampung Digarap, 24 Ruas Jalan Daerah di Kalbar Telan Rp 648 Miliar

Kompas.com - 20/03/2024, 21:59 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 24 ruas jalan di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) yang lokasinya dipusatkan di Kabupaten Mempawah, pada Rabu (20/03/2024).

Pembangunan jalan tersebut dilaksanaan melalui Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2023 Tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah (Inpres Jalan Daerah).

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim pada siang hari ini pelaksanaan Inpres Jalan Daerah di Provinsi Kalimantan Barat saya nyatakan telah diselesaikan," ujar Jokowi dikutip dari laman Sekretariat Presiden.

Menurut Presiden, proyek tersebut menghabiskan anggaran sebesar Rp 648 miliar untuk membangun jalan sepanjang 165 kilometer.

Ia pun berharap pembangunan infrastruktur jalan tersebut dapat meningkatkan mobilitas orang dan barang di wilayah sekitar.

"Kita harapkan jalan-jalan yang rusak semuanya sudah bisa kita perbaiki sehingga mobilitas orang dan barang yang melalui jalan-jalan ini, mobilitas untuk logistik yang melalui jalan ini bisa semuanya serba cepat," tuturnya.

Baca juga: Jawa Barat Dapat Porsi Penanganan Jalan Daerah Rusak Rp 1,2 Triliun

Lebih lanjut, Jokowi juga menekankan pentingnya pembangunan infrastruktur jalan dalam menurunkan biaya logistik. Tidak hanya itu, infrastruktur jalan juga diharapkan dapat meningkatkan daya saing barang-barang lokal.

"Dan menjadikan barang-barang yang ada menjadi lebih murah dan kompetitif," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com