Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Resmikan 59 Kilometer Jalan Daerah di Sulut yang Tuntas Diperbaiki

Kompas.com - 23/02/2024, 16:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, meresmikan 9 ruas jalan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang selesai diperbaiki melalui Inpres Jalan Daerah (IJD) pada Jumat (23/02/2024).

Peresmian tersebut dilaksanakan di ruas Jalan Pinogaluman-Dumoga yang berada di Kabupaten Bolaang Mongondow, tidak jauh dari lokasi Bendungan Lolak.

Jokowi mengatakan, melalui IJD tahun 2023 di Provinsi Sulut dengan anggaran Rp 183 miliar, telah dilakukan peningkatan kondisi jalan sepanjang 59 km.

"Pada tahun 2024 akan diberikan lagi anggaran agar semua jalan di Provinsi Sulawesi Utara semakin bagus," ujar Kepala Negara dikutip dari laman resmi Kementerian PUPR.

Baca juga: Pemerintah Anggarkan Rp 15 Triliun Tangani Jalan Daerah yang Rusak

Direktur Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah II, Budiamin menyampaikan, pelaksanaan IJD di Sulut sepanjang 59,4 km tersebar di empat kabupaten.

"Pertama di Kabupaten Bolmong sebanyak 4 ruas sepanjang 18,6 km dengan anggaran Rp 90,6 miliar," ujarnya.

Selanjutnya, pelaksanaan IJD terdapat di Kabupaten Minahasa sebanyak 2 ruas dengan panjang 5,5 km dengan anggaran Rp 28 miliar.

"Terdapat juga di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) sebanyak 2 ruas sepanjang 32 km dengan anggaran Rp 44,5 miliar, dan terakhir di Kabupaten Minahasa Selatan sebanyak 1 ruas (3,4 km) dengan alokasi Rp 20,6 miliar," pungkas Budiamin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com