Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desain Bandara Singkawang Terinspirasi dari Siluet Tiga Gunung

Kompas.com - 20/03/2024, 18:40 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Bandara Singkawang di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Rabu (20/03/2024).

Singkawang memiliki istilah dalam bahasa Hakka yakni "San Khew Jong", yang secara etimologis berarti sebuah kota yang berlokasi di perbukitan serta berdekatan dengan laut dan muara.

Namun yang menarik, konsep rancangan Bandara Singkawang terinspirasi dari tiga gunung di sekitar lokasi bandara, yaitu Gunung Raya, Gunung Pasi, dan Gunung Poteng.

"Bandara ini memiliki keunikan tersendiri selain desainnya yang terinspirasi dari siluet Gunung Poteng, Gunung Raya, dan Gunung Pasi, juga bisa menjadi contoh untuk daerah lainnya membangun bandara dengan skema KPBU," tulis Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam unggahan akun Instagram @budikaryas.

Baca juga: Resmikan Bandara Singkawang, Jokowi Apresiasi Pengusaha Lokal

Bandara Singkawang di Kota Singkawang, Kalimantan BaratDok. Kemenhub Bandara Singkawang di Kota Singkawang, Kalimantan Barat
Terkait skema pembiayaan pembangunan Bandara Singkawang, total anggarannya sebesar Rp 427 miliar, dengan rincian APBN senilai Rp 272 miliar dan Corporate Social Responsibility (CSR) para pengusaha Singkawang sebesar Rp 155 miliar.

Bandara Singkawang mulai dibangun sejak tahun 2019 hingga tahun 2023, dengan skema pembiayaan Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Bandara Singkawang memiliki landasan pacu berukuran 2.000 meter x 30 meter, sehingga mampu didarati pesawat besar Airbus 320. Sementara terminal penumpang berukuran 8.000 meter persegi dapat memuat kapasitas hingga 335.800 penumpang per tahunnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com