Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bendungan Cibeet Paket III Rp 1,5 Triliun Dibangun, Kelar 2028

Kompas.com - 13/03/2024, 16:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Karya (Persero) Tbk membangun Bendungan Cibeet Paket III yang terletak di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, untuk pengendalian banjir di Kabupaten Bekasi maupun Kabupaten Karawang.

Untuk diketahui, Waskita meraih nilai kontrak paket pekerjaan senilai Rp 1,5 triliun untuk pembangunan Bendungan Cibeet Paket III.

Senior Vice President (SVP) Corporate Secretary Waskita Karya Ermy Puspa Yunita mengatakan, pembangunan Bendungan Cibeet paket III ini dilakukan dengan cara joint-operation dengan PT Bumi Karsa, PT Bangkit Berkah Perkasa, dan PT Karya Pembangunan Rezki dengan skema kerja sama operasi (KSO).

Baca juga: Bendungan Cibeet Diklaim Bisa Kurangi Banjir di Hilir Sungai Citarum Hingga 66 Persen

”Bendungan Cibeet nantinya dapat dimanfaatkan sebagai irigasi pertanian dengan lahan seluas 1.037 hektar di Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Karawang serta sebagai pembangkit tenaga listrik dengan daya sebesar 0,25 megawatt (MW),” ucap dia dalam rilis, Rabu (13/3/2024).

Pembangunan Bendungan Cibeet dikerjakan selama 1.860 hari, dimulai September 2023 dan direncanakan akan selesai pada akhir tahun 2028.

Sementara itu, untuk lingkup pekerjaan Waskita meliputi persiapan, jalan, bendungan utama, bangunan pelimpah, pengambilan pekerjaan hidromekanikal dan elektrikal, Penyelenggaraan Sistem Manajemen Konstruksi (SMKK), serta area genangan, dan relokasi.

Pembangunan yang didanai menggunakan dana Anggara Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) ini nantinya diharapkan sebagai reduksi banjir pada hilir Sungai Citarum dengan kapasitas 300,33 meter kubik per detik.

Selain itu, juga sebagai pasokan air baku sebesar 3,77 meter kubik per detik untuk beberapa kabupaten dan daerah industri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com