Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Penerbangan Haji 2023, Bandara Hang Nadim Pastikan Sarana dan Prasarananya Siap

Kompas.com - 25/05/2023, 06:30 WIB
Hadi Maulana,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Dengan dimulainya rangkaian keberangkatan jemaah Haji Embarkasi Batam, PT Bandara Internasional Batam (BIB) sebagai pengelola Bandara Internasional Hang Nadim telah menyiapkan sarana dan prasarana pendukung operasional penerbangan haji.

Bahkan, untuk memberikan kenyamanan dan keamanan, PT BIB membuat skenario di mana pemeriksaan keamanan untuk penumpang Haji Embarkasi Batam akan dilakukan di Asrama Haji Batam dan untuk Bandara Hang Nadim telah mempersiapkan ruang tunggu yang memadai.

"Sehingga jaminan keamanan bagi Jamaah Haji tetap berlaku standar sebagai Penumpang Pesawat udara," kata Direktur PT BIB Pikri Ilham kepada Kompas.com, Rabu (24/5/2023).

Pikri mengaku, tidak saja ruang tunggu yang nyaman, pihak bandara juga menyediakan beberapa kursi roda yang disiagakan untuk calon haji kategori lansia, difabel, ataupun dalam kondisi yang dinyatakan layak terbang.

Baca juga: Jelang Pelaksanaan Ibadah Haji, Dirjen Imigrasi Cek TPI Batam

"Untuk fasilitas khususnya kami juga siapkan kursi roda dan ambulans. Tapi semisal mendadak ada yang membutuhkan, kita ada 3 kursi roda yang standby," ungkap Pikri.

Pikri menambahkan, Hangnadim juga menyiapkan tempat parkir untuk pesawat pengangkut jemaah calon haji pada musim haji tahun 2023/1444 Hijriah, yakni Saudia Airline di AE 5.

"Tahun ini kami siapkan AE 5 untuk parkir pesawat khusus jemaah haji, sehingga jarak tempuh dari masuk terminal sampai masuk pesawat bisa lebih cepat," terang Pikri.

Lebih jauh, Pikri mengatakan, Hang Nadim akan melayani 11.926 jemaah yang merupakan gabungan dari Haji Embarkasi Batam dan Haji Antara.

Adapun jumlah jemaah haji terdiri dari jemaah haji Kepri sejumlah 1.291 orang, Riau 5.047 orang, Jambi 2.909 orang, Kalimantan Barat 2.519 orang, dan petugas kloter sebanyak 159 orang.

Feeder flight yang akan dilayani dalam keberangkatan jemaah haji adalah 25 flight dari Riau dan Jambi sehingga Bandara Hang Nadim akan menjadi simpul keberangkatan.

"Hang Nadim juga telah mempersiapkan satuan tugas khusus yang fokus bertugas untuk memastikan operasi penerbangan haji 2023 yang di ketuai langsung oleh level manajemen operasi bandar udara," pungkas Pikri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com