Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angga Fatalitas Kecelakaan di Tol Cipali Turun 4 Persen

Kompas.com - 10/03/2023, 20:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Lintas Marga Sedaya atau Astra Tol Cipali berhasil menurunkan angka fatalitas hingga 4 persen yang dihitung sejak Januari-Maret 2023.

Berdasarkan data dari Departemen Traffic Astra Tol Cipali, penurunan fatalitas juga terjadi pada tahun 2022 lalu, yakni hingga 5 persen jika dibandingkan tahun 2021.

Dalam upaya menurunkan fatalitas di jalan tol, Astra Tol Cipali telah memasang berbagai fasilitas keselamatan seperti lampu selang dan wire rope sepanjang 109 kilometer yang telah rampung sejak tahun 2022 lalu.

Untuk menambah kenyamanan pengguna jalan, Astra Tol Cipali juga memasang lampu flip flop sepanjang 2 kilometer dan marka speed reducer, meliputi marka cevron, dragon teeth dan rumble strip sebagai salah satu rambu peringatan hati-hati dalam mengemudi.

Astra Tol Cipali terus mengimbau pengguna jalan untuk selalu tertib berkendara dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas kecepatan, minimal 60 kilometer per jam dan maksimal 100 kilometer per jam.

Dalam kondisi hujan, pengguna jasa diimbau untuk memacu kendaraan dalam batas kecepatan maksimal berkendara 70 kilometer per jam.

Pengguna jasa diimbau untuk tidak lupa selalu mengecek kondisi kendaraan dan tekanan ban.

Apabila telah 4 jam mengemudi atau kondisi fisik sudah lelah, segera beristirahat di 8 rest area yang tersebar di Tol Cipali, baik arah Jakarta maupun arah Cirebon.

Baca juga: Tak Hanya Logistik, Tol Sibanceh Akan Percepat Akses ke Kampus Tertua di Aceh

Terbaru, Astra Tol Cipali bersama Astra Tol Tangerang-Merak melaksanakan penandatanganan MoU kerja sama Pilot Project Guna Menurunkan Fatalitas di Jalan Tol dengan PT 3M Indonesia.

Astra Tol Cipali menggelar simbolis penempelan stiker reflektif kepada beberapa kendaraan golongan 3-5 di Rest Area 130 arah Cirebon sebagai bentuk sosialisasi keselamatan berkendara kepada pengemudi kendaraan besar.

Hal ini juga merupakan salah satu strategi peningkatan keselamatan di jalan tol pada sisi Education pada program Environment, Engineering, Education (3E).

"Astra Tol Cipali selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jalan baik dalam sisi pelayanan lalu lintas, keselamatan dan juga konstruksi," ungkap Presiden Direktur ASTRA Tol Cipali, Firdaus Azis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com