Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memilih Warna Cat Rumah untuk Area Plafon di Rumah Anda

Kompas.com - 10/03/2023, 15:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis


JAKARTA,KOMPAS.com - Area plafon merupakan salah satu bagian yang tak boleh luput dari polesan cat. Karena itu, Anda wajib memilih warna cat rumah yang sesuai.

Selama ini, plafon yang luasnya mencapai seperenam dari total sebuah ruangan kerap diaplikasikan dengan warna cat rumah yang netral.

Putih cerah adalah pilihan warna cat rumah paling favorit. Meskipun putih cerah dianggap sebagai pilihan paling aman untuk area plafon, namun itu bukan satu-satunya pilihan.

Banyak warna yang bisa Anda aplikasikan seandainya bersedia untuk melangkah keluar zona nyaman dan menciptakan desain sesuai keinginan.

Baca juga: Enggan Aplikasikan Cat Rumah? Ini Sederet Bahaya yang Mengancam

Saat memilih warna plafon, pertimbangkan warna mana yang paling cocok dengan arsitektur rumah Anda, warna dinding, serta furnitur yang ada di dalamnya.

Sebagai aturan umum, plafon yang warna catnya lebih terang dari dinding akan membuat ruangan terasa lebih tinggi.

Sedangkan warna cat yang lebih gelap akan membuat plafon terasa lebih rendah. Namun, itu tidak berarti ruangan akan terasa sesak.

Langit-langit yang lebih rendah secara visual ternyata dapat membangkitkan perasaan nyaman dan intim ke dalam sebuah ruangan.

Sama seperti saat memilih warna dinding, pertimbangkan sumber dan kekuatan cahaya yang akan masuk ke ruangan di waktu ruangan tersebut digunakan.

Sinar matahari yang cerah memantul dari plafon berwarna biru langit bisa menciptakan perasaan lapang. Sementara, cahaya lilin dan cahaya lampu di malam hari yang memantul plafon berwarna merah tomat akan menghasilkan cahaya yang kaya.

Baca juga: Jangan Salah! Ini Tipe Cat Rumah Minimalis Terbaik untuk Ruang Kantor

Finishing cat yang umumnya digunakan untuk area plafon adalah cat matte. Namun, tetapi cat dengan finishing eggshell atau satin menawarkan sedikit kilau reflektif, yang dapat membantu mencerahkan ruangan jika Anda menggunakan cat berwarna gelap.

Jika Anda berencana untuk menggunakan lapisan cat yang lebih mengkilap, ingatlah plafon Anda berada harus dalam kondisi hampir sempurna karena kemilau yang tinggi bisa menonjolkan perhatian ke area permukaan yang cacat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com