Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SK Penghunian Huntap di Cianjur Belum Terbit, Bupati: Masih Pendataan

Kompas.com - 05/01/2023, 18:20 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah bangunan hunian tetap (huntap) untuk relokasi korban gempa di Cianjur, Jawa Barat, sudah selesai dikerjakan.

Kendati begitu, masyarakat yang selaku penerima bantuan huntap dengan teknologi rumah instan sederhana sehat (RISHA) itu masih belum menempatinya.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur masih dalam proses pendataan warga untuk kemudian nantinya diterbitkan Surat Keputusan (SK).

"Saat ini proses untuk penghunian warga, sudah sampai pada tahap pendataan. Selanjutnya, akan kami lakukan sosialisasi dan setelah itu akan kami buatkan SK penghuniannya," ujar Bupati Kabupaten Cianjur Herman Suherman, dikutip dari laman Kementerian PUPR, Kamis (05/01/2023).

Baca juga: Sebelum Lebaran 2023, Huntap bagi Korban Gempa Cianjur Beres Dibangun

Direktur Jenderal Perumahan Iwan Suprijanto menerangkan, Kementerian PUPR telah melampaui target pembangunan RISHA pada akhir tahun 2022.

"Janji kami, pada tahun baru masyarakat bisa menempati 80 unit RISHA. Alhamdulillah, saat ini 95 unit RISHA sudah kami selesaikan di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku," jelasnya.

Menurut dia, di Kecamatan Cilaku nantinya akan dibangun 200 unit rumah tipe 36/75 di atas lahan seluas 2,5 hektar.

Kemudian ada pula lokasi kedua di Desa Mulyasari, Kecamatan Mande, akan dibangun 151 unit di atas lahan seluas 1,9 hektar. Dan saat ini sudah terbangun 4 unit.

"Saat ini target pembangunan tahap pertama kami sudah melebihi target, sisanya pembangunan di tahap kedua ini kami optimis dapat selesai sesuai target pada minggu ketiga di Januari 2023 ini," terangnya.

Selain memiliki 2 kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi dan dapur, Kementerian PUPR juga akan melengkapi Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum (PSU) berupa sambungan listrik, saluran air bersih, dan juga sanitasi.

"Dengan penyelesaian secara bertahap, saya berharap seluruh pekerjaan dapat rampung sebelum Hari Raya Idul Fitri 2023, sesuai dengan target yang diberikan oleh Menteri PUPR," pungkas Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com