Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Lebaran 2023, Huntap bagi Korban Gempa Cianjur Beres Dibangun

Kompas.com - 05/01/2023, 16:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR menargetkan pembangunan hunian tetap (huntap) relokasi bagi korban gempa di Cianjur, Jawa Barat, bisa selesai sebelum Lebaran 2023.

Sehingga masyarakat dapat segera menghuni rumah tahan gempa dengan teknologi rumah instan sederhana sehat (RISHA) tersebut dan tidak terlalu lama tinggal di lokasi pengungsian.

"Dengan penyelesaian secara bertahap, saya berharap seluruh pekerjaan dapat rampung sebelum Hari Raya Idul Fitri 2023, sesuai dengan target yang diberikan oleh Menteri PUPR," ujar Direktur Jenderal Perumahan Iwan Suprijanto dikutip dari laman Kementerian PUPR, Kamis (05/01/2022).

Dia menjelaskan, Kementerian PUPR akan terus berupaya untuk memastikan pembangunan huntap sebanyak 351 unit bisa berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.

"Janji kami, pada tahun baru masyarakat bisa menempati 80 unit RISHA. Alhamdulillah, saat ini 95 unit RISHA sudah kami selesaikan di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, yang nantinya akan dibangun 200 unit rumah tipe 36/75 di atas lahan seluas 2,5 hektar," terangnya.

Baca juga: Biaya Bangun RISHA buat Korban Gempa Cianjur Rp 150 Juta Per Unit

Kemudian di lokasi kedua di Desa Mulyasari, Kecamatan Mande akan dibangun 151 unit di atas lahan seluas 1,9 hektar.

"Dan saat ini sudah terbangun 4 unit di sana," imbuhnya.

Mengenai 95 unit RISHA tersebut, konstruksinya telah mencapai 100 persen dan dibangun lengkap dengan atap, lantai dan dinding.

Selanjutnya, ada 69 unit RISHA yang saat ini sedang dilakukan proses pemasangan dinding dan lantainya, serta 24 unit RISHA yang sudah terpasang rangka strukturnya.

"Saat ini target pembangunan tahap pertama kami sudah melebihi target, sisanya pembangunan di tahap kedua ini kami optimis dapat selesai sesuai target pada minggu ketiga di Januari 2023 ini," tandas Iwan.

Selain memiliki dua kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, dan dapur, Kementerian PUPR juga akan melengkapi Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum (PSU) huntap berupa sambungan listrik, saluran air bersih, dan juga sanitasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com