Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun 2023, Ciputra Bidik Zero Accident di Seluruh Proyeknya

Kompas.com - 29/11/2022, 14:37 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Ciputra Residence sebagai entitas anak dari Ciputra Group menargetkan kecelakaan kerja nol persen atau zero accident pada setiap proyek perumahan yang dikembangkan di seluruh Indonesia.

Associate Director PT Ciputra Residence Merry Lantani mengungkapkan target tersebut kepada Kompas.com, saat acara Health, Safety and Environment Awards 2022, di Jakarta, Selasa (29/11/2022).

"Saat ini unsur keselamatan dan kesehatan kerja (K3) atau health, safety and environment (HSE) sudah berada pada angka 95 persen," ujar Merry.

Baca juga: Lansir Citra Garden Serpong, Ciputra Bidik Rp 300 Miliar dari Klaster Perdana

Menurut Merry, acara penghargaa HSE Awards 2022 yang digelar secara berkala hingga delapan tahun berjalan, adalah upaya Perusahaan untuk mengejar target zero accident.

Director PT Ciputra Residence Agussurja Widjaya menambahkan, penerapan HSE berdampak positif terhadap nilai tambah perusahaan.

"Kami menilai penerapan HSE ini bukan sebagai biaya tambahan akan tetapi investasi perusahaan dalam memperlancar proses produksi," kata Agussurja.

Selain itu, penerapan HSE juga menjadi kriteria dan syarat bagi para kontraktor yang akan melaksanakan proyek-proyek perusahaan.

"Karena hal ini sangat menentukan dan memengaruhi tidak saja terhadap kredibilitas perusahaan yang pada gilirannya terkait dengan kepercayaan konsumen, juga kualitas proyek yang sedang dibangun," imbuh Agussurja.

Penerapan HSE secara ketat ini juga secara tak langsung berdampak pada meningkatnya catatan penjualan PT Ciputra Residence hingga November 2022.

Menurut Director PT Ciputra Residence Meiko Handojo Lukmantara menyebutkan angka Rp 2,1 triliun nilai penjualan Sub Holding (SH) 1.

"Kontributor terbesar di antaranya dari CitraRaya Tangerang, CitraGarden, Citra Maja Raya, Citra Sentul Raya, Citra Garden City Malang," ungkap Meiko.

Terdapat 80 peserta yang mengikuti HSE Awards 2022 yang "berebut" empat kategori penghargaan untuk mitra kerja kontraktor dan dua penghargaan untuk internal proyek PT Ciputra Residence.

Periode penilaian empat kategori untuk mitra kontraktor dan dua kategori untuk internal proyek PT Ciputra Residence dilaksanakan sejak Desember 2021 sampai dengan Oktober 2022.

Kriteria penilaian didasarkan pada Health, Safety dan Environment Scoring, Non Conformities Report and Corrective Action Request (NCR CAR), Incident Report, dan Observasi.

Sedangkan satu kategori lainnya terkait Inovasi Health, Safety, & Environment untuk internal proyek PT Ciputra Residence, penilaiannya berdasarkan penyajian materi presentasi, perubahan hasil sebelum dan sesudah, efisiensi biaya dan standarisasi untuk menjamin keberlanjutan.

"Kategori ini hanya mengambil tiga terbaik dari jumlah yang dikirimkan,” cetus Merry.

Penghargaan empat kategori untuk mitra kontraktor, di antaranya tujuh puluh tujuh kontraktor mendapatkan penghargaan “Building Contractors With Zero Accident”, dan lima personil Health, Safety dan Environment kontraktor mendapatkan penghargaan “Best Implementation Health, Safety & Environment Officer Contractors”.

Kemudian lima kontraktor mendapatkan penghargaan “Best Implementation Health, Safety & Environment Contractors”, dan lima kontraktor mendapatkan penghargaan “Best Implementation Working At Height Contractors”.

Penghargaan dua kategori untuk internal proyek PT Ciputra Residence, di antaranya sembilan proyek mendapatkan penghargaan “Project With Zero Accident” dan tiga proyek mendapatkan penghargaan “Health, Safety & Environment Improvemet Project”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com