Kompas.com - 19/08/2022, 16:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Plataran resmi berkolaborasi dengan Jejakin untuk meluncurkan aplikasi penghitung jejak karbon bernama Carbon Footprint Calculator.

Hal ini menyusul peresmian kerja sama secara simbolis dengan penanam pohon oleh kedua pihak pada Rabu (17/8/2022).

Aplikasi tersebut tersedia di laman resmi Plataran yang langsung terkoneksi dengan aplikasi Jejakin.

Nantinya, wisatawan dan tamu dapat menghitung jejak emisi karbon yang diproduksi dari aktivitas pariwisata.

Uniknya, hasil penghitungan karbon bisa langsung dikonversikan menjadi sekian batang mangrove yang akan ditanam di Plataran Menjangan, Taman Nasional Bali Barat, Plataran Komodo, dan Plataran Bromo.

Baca juga: Gelar Deklarasi Towards Net Zero, Plataran Menjangan Jadi Mitra Resmi G20

Harapannya, pengunjung akan lebih mudah berpartisipasi dalam proyek berkelanjutan untuk membantu melindungi bumi lewat konstribusi menanam pohon.

Adapun kerja sama Plataran dengan Jejakin juga merupakan tindak lanjut dari Deklarasi ‘Towards Net Zero’ di Plataran Menjangan pada 7 Juli 2022 lalu.

Plataran L’Harmonie terpilih satu dari lima destinasi pilot project yang ditunjuk oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam mendukung carbon offsetting tourism.

Selain kerja sama dengan Jejakin, Plataran juga mengenalkan sebuah eco-platform bernama Legenda Khatulistiwa.

Ini merupakan sebuah hub yang bertujuan mengedukasi dan mempertemukan antara wisatawan, penyedia layanan, dan komunitas pegiat ekowisata.

Baca juga: Kota-Kota di Asia Pasifik Belum Serius Tangani Masalah Emisi Karbon

"Plataran berkomitmen penuh untuk mengikutsertakan para tamu menjadi bagian dari kemajuan ekowisata dan kelanjutan lingkungan yang baik," papar CEO & Founder Plataran Indonesia Yozua Makes dalam rilis.

Jelasnya, hub tersebut mengintegrasikan 3 hal yaitu kredibilitas, sosialisasi, dan kolaborasi dalam upaya pengembangan ekowisata dan konservasi berkelanjutan terhadap lingkungan Indonesia.

"Kami bangga menjadi warga Indonesia dan dunia yang bertanggung jawab terhadap alam," tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.