Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Akhir Masa Jabatan, Anies Klaim Sudah Bangun 7.421 Unit Rusunawa

Kompas.com - 19/08/2022, 12:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

 

JAKARTA,KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengaku dalam kurun waktu 5 tahun terakhir pemerintah DKI Jakarta sudah berhasil membangun 33 tower dan 7.421 unit Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Jakhabitat.

Dalam postingan di akun Facebooknya, Anies mengaku bangga karena ini merupakan karena merupakan rekor tesendiri.

“Alhamdulillah, 33 tower dan 7.421 unit Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Jakhabitat telah dibangun dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, sebuah rekor tersendiri,” ungkap Anies.

Namun menurutnya, program ini tidak akan langsung berhenti pada 33 tower saja dan akan terus dilanjutkan demi memberikan lebih banyak hunian terjangkau untuk warga Jakarta.

Baca juga: Aset Tanah dan Bangunan Anies Baswedan Capai Rp 14,71 Miliar, di Mana Saja?

Anies mengatakan, negara harus hadir memberikan dukungan pada kebutuhan dasar warganya, sandang, pangan dan papan.

“Semoga warga yang tinggal di rusunawa ini bisa membangun suasana kebersamaan dan persaudaraan yang sehat. Yang membangun gedungnya memang pemerintah, tapi yang bisa membangun persaudaraan adalah penghuninya.” tambah Anies.

Setiap unit Rusunawa memiliki luas 36 meter persegi dan, terdiri dari ruang keluarga, 2 unit kamar tidur, dapur, kamar mandi, dan balkon yang didukung dengan material bangunan yang berkualitas baik.

Sementara itu, penggunaan lift telah dilengkapi dengan access card guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan bagi semua penghuni rusunawa.

Baca juga: Program Rumah DP 0 Rupiah, Janji Kampanye Anies yang Tak Diminati

Rusunawa juga telah memiliki, sirkulasi dan pencahayaan yang baik di area koridor, dan ruang komunal atau ruang bersama sebagai tempat interaksi penghuni.

Rusunawa yang baru dibangun akan mengedepankan pemberdayaan penghuninya. Karena itu, telah dilengkapi dengan aksesibilitas ke transportasi umum, penyediaan ruang usaha bagi UMKM, dan fasilitas penunjang lainnya.

“Bagi teman-teman yang berminat dapat mengakses aplikasi Sirukim atau datang langsung ke Galeri Huni di Taman Martha Tiahahu, Jakarta Selatan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.” tandas Anies.

Anies Baswedan diangkat menjadi Gubernur DKI Jakarta pada tahun 2017 silam. Ia dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada 16 Oktober 2017 di Istana Negara.

Masa jabatan seorang kepala daerah adalah selama 5 tahun. Itu artinya masa jabatan Anies hanya tertinggal 59 hari lagi. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com