Terminal Tingkir di Salatiga Direvitalisasi, Menhub: Nanti Ada Ruang Pertemuan

Kompas.com - 08/08/2022, 17:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sedang merevitalisasi Terminal Tingkir di Salatiga, Jawa Tengah.

Terminal Tipe A yang dibangun dengan konsep mixed use ini nantinya akan menjadi pusat kegiatan masyarakat dan UMKM.

Ketika meninjau lokasi pada Minggu (07/08/2022), Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, Terminal Tingkir nantinya akan bisa memfasilitasi kegiatan masyarakat.

“Kalau nanti mau cari kuliner favorit Salatiga ada di terminal ini. Kemudian nanti juga ada ruang pertemuan," ujarnya dikutip dari laman Kemenhub.

Menurut dia, kehadiran terminal ini diharapkan dapat membuka lapangan pekerjaan, khususnya kepada para UMKM di Salatiga dan sekitarnya.

"Kita bangun terminal ini agar konektivitas berjalan dengan baik dan juga bisa melayani masyarakat dengan lebih maksimal dengan fasilitas yang ada," tukas Budi.

Baca juga: Akan Dibangun Terminal Wisata Seruni Point di Bromo, Nyambung Jembatan Kaca

Terminal Tingkir terletak di ruas Jalan Raya Kota Salatiga-Solo dengan luas area kurang lebih 10.329 meter dan luas bangunan kurang lebih 1.700 meter.

Pembangunannya sudah dimulai sejak Februari 2022 dengan target pengerjaan sekitar 240 hari atau diperkirakan akan selesai pada Oktober 2022.

Hingga saat ini progres pembangunan fisik sudah mencapai 50,91 persen.

Adapun lingkup pekerjaan revitalisasi ini antara lain bangunan terminal, fasilitas terminal, kantor terminal, foodcourt (kios/agen sebanyak 90 unit), area parkir.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.