Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Direvitalisasi, Terminal Tegal Bakal Dilengkapi Convention Center hingga Sport Center

Kompas.com - 08/03/2022, 15:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Terminal Tipe A Tegal direvitalisasi dengan alokasi pagu anggaran sebesar Rp 32 miliar yang bersumber dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

“Pada prinsipnya pemerintah hadir untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.Karena itu Kami akan merevitalisasi Terminal Tipe A Tegal ini,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi seperti dikutip Antaranews, Selasa (08/03/2022). 

Sejak tahun 2018 sebanyak 125 Terminal Tipe A di Indonesia telah diserahkan dari pemerintah daerah kepada Kemenhub yang selanjutnya dalam pengelolaannya akan direvitalisasi untuk meningkatkan minat masyarakat menggunakan angkutan umum.

Baca juga: Wajah Baru Terminal Tirtonadi, Bisa Buat Nikah, Konser hingga Menginap

Revitalisasi Terminal Tipe A Tegal tersebut direncanakan selesai pada bulan Oktober 2022 mendatang. Kata dia, sekarang ini pembangunan terminal sudah berbeda dari era sebelumnya.

Dengan memakai skema mixed use dalam pemanfaatannya, Kemenhub dapat bekerja sama dengan pihak swasta, seperti yang telah dilakukan di Terminal Tipe A Tirtonadi Solo.

Di Terminal Tegal ini akan dibangun Convention Center, Sport Center, Food Court, maupun Mal Pelayanan Publik.

Di samping itu ia menyoroti keberadaan “Sekolah Terminal” yang sejak lama terdapat di Terminal Tipe A Tegal.

Sekolah tersebut diperuntukkan bagi anak pedagang asongan ataupun awak kendaraan di terminal. 

“Ada spot unik di Terminal Tipe A Tegal yakni terdapat sarana belajar Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Sakila Kerti yang diperuntukkan bagi anak pedagang asongan maupun awak kendaraan yang mencari nafkah di terminal ini. Saya meminta agar nantinya disediakan tempat proses belajar mengajar yang nyaman,” ungkapnya. 

Sementara itu Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah X Provinsi Jawa Tengah dan DIY Eko Agus Susanto berharap, revitalisasi ini dapat memberikan pelayanan dan fasilitas terbaik kepada pengguna jasa transportasi serta menciptakan kebangkitan ekonomi untuk masyarakat Kota Tegal dan sekitarnya. 

"Kami tentu berharap revitalisasi ini semakin memberikan pelayanan dan fasilitas yang aman dan aman bagi par apengguna jasa transportasi yang pada akhirnya mampu mempercepat program pemulihan ekonomi nasional," ucap Eko. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com