Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Rancang Terminal Layang Khusus Kapal Pesiar

Kompas.com - 18/01/2022, 07:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - China akan segera memiliki bangunan ikonik baru, yakni Cuntan International Cruise Center atau Terminal Internasional Kapal Pesiar yang berlokasi di Liangjiang Chongqing.

Terminal ini tak hanya menjadi tempat berlabuh kapal pesiar, namun juga akan menjadi pusat kegiatan dan rekreasi masyarakat. 

Untuk mendapatkan desain yang sesuai, telah diadakan kompetisi internasional yang dimenangkan oleh firma aristektur Beijing, MAD Architects.

Mereka bekerja sama dengan China Academy of Building Research (CASR).

Lokasi proyek, saat ini merupakan terminal kargo seluas 66.000 meter persegi dan berada di dalam area Pelabuhan Cuntan sehingga memungkinkan akses ke Sungai Yangtze.

Baca juga: Banyak yang Berkualitas Rendah, China Larang Bangun Gedung Lebih dari 150 Meter

Sesuai rancangan MAD, lahan seluas 15.000 meter persegi akan diubah menjadi pelabuhan kapal pesiar. Sedangkan 50.000 meter persegi sisanya akan didesain untuk ruang komersial.

Ma Yansong selaku pemilik MAD Architects mengatakan pihaknya ingin mengubah wajah kota Chongqing menjadi lebih dinamis.

"Kami ingin mengubah energi Chongqing dari sekadar kota industri menjadi energi yang merangsang imajinasi sehingga membayangkan ruang publik masa depan," jelas Ma Yansong seperti dikutip dari situs resmi MAD Architects.

Desain kompleks Terminal Internasional Kapal Pesiar yang berlokasi di Liangjiang Chongqing, China. MAD Architects Desain kompleks Terminal Internasional Kapal Pesiar yang berlokasi di Liangjiang Chongqing, China.
Yansong mengatakan desain terminal kapal pesiar yang mereka buat terinspirasi dari gantry crane yang mendominasi terminal kargo di Chongqing.

Gantry crane terlihat seperti makhluk hidup asing yang memberikan kesan surealisme. Skema baru karena itu tidak hanya mencerminkan warna industri masa lalu, tetapi juga menghormati surealisme asli ini,” tambah Ma Yansong.

Bangunan Layang

Dalam area terminal kapal pesiar di Chongqin, akan dibangun Yangtze River Skywalk.

Kompleks ini memiliki panjang hingga 430 meter dan terdiri dari enam bangunan layang terpisah namun saling berhubungan.

Dari kejauhan, bangunan akan tampak naik dan turun sehingga menciptakan ritme derek terminal kargo industri dalam bentuk dan warna.

Di bawah kompleks bangunan layang tersebut, akan didirikan Taman Lanskap Kapal Pesiar dan Aula Kapal Pesiar baru serta Cruise Center Hub.

Ketika selesai, Cuntan International Cruise Centre akan mengubah kenangan industri menjadi citra perkotaan yang sepenuhnya terwujud di Chongqing.

Pembangunan Cuntan International Cruise Center diharapkan akan dimulai pada November 2022 dan selesai pada 2027 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com