Kompas.com - 29/07/2022, 21:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Proses pembangunan Bandar Udara (Bandara) Siboru di Kabupaten Fakfak, Papua Barat, tengah menghadapi sejumlah persoalan.

Hal itu dikemukakan Bupati Fakfak Untung Tamsil kepada Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) saat pertemuan pada Selasa, (26/07/2022) lalu.

Mengutip dari laman resmi KPPIP, pembangunan Bandara Siboru mulai berlangsung konstruksinya sejak 2020 lalu dan menempati lahan seluas 208 hektar.

Rencananya akan selesai serta dapat diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada November 2022 mendatang.

Lingkup pembangunan bandara terdiri dari pembangunan fasilitas sisi darat dan pembangunan fasilitas sisi udara.

Baca juga: Bali Utara Batal Punya Bandara Baru

Bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas transportasi wilayah timur Indonesia khususnya di Papua Barat.

Selain itu, bandara ini direncanakan bakal menggantikan Bandara Torea Fakfak. Di mana merupakan bandara eksisting yang sudah tidak dapat dikembangkan lagi.

Adapun beberapa permasalahan yang terjadi dalam pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) ini diantaranya adalah terkait kesulitan aksesibilitas menuju bandara.

Karena letak Bandara Siboru Fakfak berjarak 42 kilometer dari kota atau 36 kilomter dari Bandara Torea yang merupakan bandara eksisting.

Permasalahan aksesibilitas itu juga disebabkan karena akses masuk bandara tidak termasuk dalam lingkup rencana pengadaan lahan bandara.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.