Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Diserahterimakan saat HUT ke-77 RI

Kompas.com - 11/07/2022, 12:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk siap menyerahterimakan pekerjaan Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali untuk tamu kenegaraan G20 pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI, tepatnya 17 Agustus 2022.

Informasi itu dikatakan oleh Deputi Project Manager Wijaya Karya Hanif sebagaimana dilansir dari laman Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali, Senin (11/7/2022).

"Progres pembangunan saat ini telah mencapai 64 persen dan target bangunan akan selesai dan diserahterimakan pada 17 Agustus tahun ini," jelas Hanif.

Hanif menjelaskan, Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai merupakan revitalisasi dari terminal VIP yang sudah ada.

Berbeda dengan terminal VIP yang mengusung gaya Bali, desain terminal VVIP Bandara Ngurah Rai lebih modern.

Namun, tetap mengandung unsur Bali di dalamnya serta warna putih untuk tembok seperti zaman kolonial.

Menurutnya, hal ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar desain pembangunan memadukan tema Bali Modern dan kolonial.

Baca juga: Luhut Minta Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurai Rai Bali Siap Digunakan Pertengahan Oktober

Pada kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko-Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menginstruksikan agar Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dalam keadaan siap pada pertengahan Oktober 2022.

Luhut menyampaikan hal ini kepada Wijaya Karya selaku kontraktor dan PT Virama Karya (Persero) selaku konsultan pelaksana proyek tersebut.

“Saya minta pertengahan Oktober ini semua sudah siap, termasuk lanskap dan penyiramannya. Jadi, kita tinggal menunggu tamunya saja,” tegas Luhut.

Saat itu, dia meninjau kesiapan Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno serta Wakil Gubernur (Wagub) Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, dan masih banyak lagi.

Adapun pembangunan terminal VVIP ini memakan anggaran sebesar Rp 51 miliar untuk menyambut tamu kenegaraan G20.

Ruang pekerjaan proyek ini berupa bangunan VVIP, pos jaga, ground water tank dan ruang pompa, pagar keliling dan gerbang, penataan lanskap, area drop-off dan drop on, serta relokasi instalasi Mekanikal, Elektrikal, Plumbing (MEP).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com