Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Proyek Terminal VVIP Bandara Ngurah Rai, Menhub: Kearifan Lokalnya Terlihat

Kompas.com - 03/06/2022, 19:24 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah sedang membangun Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai di Bali, menyongsong KTT G20 November 2022 mendatang.

Ketika meninjau lokasi proyek pada Jumat (03/06/2022), Menhub Budi Karya Sumadi memastikan progres pekerjaan yang dimulai Maret 2022 ini berjalan baik sesuai rencana.

"Sejauh ini progresnya berjalan baik. Kita harapkan ini bisa selesai pada bulan Agustus 2022 dan sudah bisa digunakan untuk menyambut tamu negara," ujarnya dikutip dari situs resmi Kemenhub.

Baca juga: Berkonsep Wantilan, Ini Rancangan Desain Terminal VVIP Bandara Ngurah Rai

Menhub mengungkapkan, terminal VVIP ini akan direvitalisasi dengan konsep desain Bali Modern. Mengusung tema arsitektur tradisional Bali yang disebut Wantilan.

Wantilan merupakan bangunan yang berfungsi sebagai tempat pertemuan masyarakat adat Bali. Nanti di dalamnya juga akan ditambah ukiran ornamen, lukisan, dan tanaman khas Bali.

Meliputi kain Songket Bali, tanaman Jepun Bali, Pucuk Rajuna, Jempiring, serta benda seni patung Garuda dan Singa Ambara Raja.

"Warna bernuansa putih (modern) tetapi sentuhan kearifan lokal Balinya masih terlihat," tutur Menhub.

Baca juga: AP I Bangun PLTS di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali

Adapun ruang lingkup pekerjaan revitalisasi Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai meliputi beautifikasi terminal VVIP eksisting seluas 1.063 meter persegi.

Pembangunan terminal VVIP baru seluas 1.000 meter persegi, penataan lansekap dan service road baru seluas 3.250 meter persegi.

Serta, realokasi EMPU kargo dan bangunan terdampak seluas 300 meter persegi.

"Selama dilakukannya pekerjaan revitalisasi terminal VVIP, pelayanan kepada tamu negara dan Presiden sementara waktu menggunakan terminal milik TNI AU," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com