Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luhut Minta Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurai Rai Bali Siap Digunakan Pertengahan Oktober

Kompas.com - 11/07/2022, 11:08 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko-Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meminta agar Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai di Provinsi Bali sudah dalam keadaan siap untuk menyambut para tamu kenegaraan G20 pada pertengahan Oktober 2022.

Hal ini disampaikan Luhut kepada kontraktor dan konsultan pelaksana Terminal VVIP Bandara yakni, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dan PT Virama Karya (Persero) saat meninjau proyek tersebut bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Wakil Gubernur (Wagub) Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, dan lain-lain.

“Saya minta pertengahan Oktober ini semua sudah siap, termasuk lanskap dan penyiramannya. Jadi, kita tinggal menunggu tamunya saja,” perintah Luhut dikutip dari laman Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali, Senin (11/7/2022).

Sementara Deputi Project Manager Wijaya Karya Hanif mengatakan, progres pembangunan saat ini telah mencapai 64 persen dan target bangunan akan selesai dan diserahterimakan pada 17 Agustus 2022 ini.

Baca juga: Mudahkan Tamu G20, Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Dibangun

“Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai merupakan revitalisasi dari terminal VIP yang sudah ada," ungkap Hanif.

Berbeda dengan terminal VIP yang mengusung gaya Bali, desain terminal VVIP Bandara Ngurah Rai lebih modern.

Namun, tetap mengandung unsur Bali di dalamnya serta warna putih untuk tembok seperti zaman kolonial.

Menurutnya, hal ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar desain pembangunan memadukan tema Bali Modern dan kolonial.

Adapun pembangunan terminal VVIP ini dilaksanakan oleh kontraktor Wijaya Karya dan konsultan supervisi Virama Karya dengan anggaran Rp 51 miliar.

Ruang pekerjaan terdiri dari bangunan VVIP, pos jaga, ground water tank dan ruang pompa, pagar keliling dan gerbang, penataan lanskap, area drop off dan drop on, serta relokasi instalasi Mekanikal Elektrikal Plumbing (MEP).

Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai ini akan menjadi wajah baru Pulau Bali dan Presidensi G20.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com