Ada 3,25 Juta Kendaraan Lewat Tol Jasa Marga Setiap Harinya, Di Mana Terbanyak?

Kompas.com - 29/07/2022, 18:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama Semester I-2022, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat setiap hari ada 3,25 juta kendaraan yang melintasi jalan tol milik Jasa Marga Group di seluruh Indonesia.

Volume lalu lintas harian rata-rata (LHR) itu mengalami peningkatan 19,03 persen jika dibandingkan Semester I-2021 lalu yaitu 2,7 juta kendaraan setiap harinya.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menjelaskan, LHR pada Semester I-2022 tersebut menunjukkan bahwa volume lalu lintas mulai mendekati normal, atau sebelum pandemi.

Baca juga: Pembangunan Tol Bawah Laut di IKN Tak Akan Ganggu Flora dan Fauna Endemik

"Salah satu faktor peningkatan LHR di Semester I-2022 adalah diberlakukannya kebijakan mudik Hari Raya Idul Fitri 1443 H dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan," ujarnya dikutip dari laman resmi Jasa Marga, Jumat (29/07/2022).

Jasa Marga mencatat, volume lalu lintas periode arus mudik yakni H-7 sampai H+2 mencapai 1,69 juta kendaraan, naik 32,8 persen dari lalu lintas normal.

Sementara pada periode arus balik yaitu H+1 sampai H+7 tercatat sebanyak 1,78 juta kendaraan, naik 42,7 persen dari lalu lintas normal.

Menurut Lisye, ada tiga ruas Jalan Tol Jasa Marga Group dengan LHR tertinggi pada periode Semester I-2022. Berikut daftarnya:

Baca juga: Di Mana Tol Bawah Laut Terpanjang di Dunia Berada?

  • Jalan Tol Dalam Kota dengan 496 ribu kendaraan per hari;
  • Jalan Tol Jakarta-Cikampek dengan 443 ribu kendaraan per hari;
  • Jalan Tol Jagorawi dengan 388 ribu kendaraan per hari.

Untuk mengantisipasi tren peningkatan volume lalu lintas, Jasa Marga selalu berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna dengan tetap menjaga pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) di jalan tol.

"Di antaranya yaitu, memastikan pelayanan lalu lintas, pelayanan transaksi hingga pelayanan konstruksi tetap optimal, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya serta berkolaborasi dengan para stakeholder," tutup Lisye.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.