Kompas.com - 29/07/2022, 17:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memuji teknologi Instalasi Pemurnian Air (IPA) yang digunakan oleh Korea Selatan.

Hal itu disampaikannya ketika mengunjungi Water Purification Plant di Hwaseong, Korea Selatan, yang dikutip dari laman Kementerian PUPR, Jumat (29/07/2022).

"Menurut saya ini adalah the best available technology yang sudah diaplikasikan oleh Korea Selatan, sehingga siap minum dan sangat reliable," ujar Basuki.

Karena sumber airnya dari bendungan yang bersih dialirkan ke IPA, kemudian dilakukan proses pengolahan konvensional (koagulasi, flokulasi, sedimentasi dan filtrasi dengan karbon aktif) dan pengolahan.

"Akhirnya dilakukan dengan metoda ozonisasi," tandas Menteri PUPR.

Baca juga: Korea Selatan Akan Bangun Instalasi Pemurnian Air di IKN

Instalasi Pemurnian Air (IPA) di Korea Selatan.Dok. Kementerian PUPR Instalasi Pemurnian Air (IPA) di Korea Selatan.
IPA Hwaseong memiliki kapasitas produksi 3.000 liter per detik, di mana saat ini sudah melayani 762 ribu pelanggan di Kota Hwaseong dan sekitarnya.

Merupakan unit produksi pengolahan air pertama yang dikelola secara pintar untuk sistem penyediaan air minum kota metropolitan.

Sistem produksi pemurnian air ini dikelola secara hemat biaya dan rendah karbon.

Proses pengolahan air dioperasikan secara otomatis dengan menerapkan sistem operasi otonom di mana sistem ini dapat memprediksi dan mengontrol penggunaan daya secara real time.

IPA Hwaseong dikelola menggunakan artificial intelligence (AI) dengan empat langkah.

Baca juga: Empat Infrastruktur yang Akan Dibangun Pemerintah Korea Selatan di IKN

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.