Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korea Selatan Akan Bangun Instalasi Pemurnian Air di IKN

Kompas.com - 28/07/2022, 18:45 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Pemerintah Korea Selatan (Korsel) resmi menjalin kerja sama dengan Indonesia untuk membangun instalasi pemurnian air di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam rilisnya kepada Kompas.com, Kamis (28/7/2022).

Menurutnya, saat mendampingi Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja, telah dibahas dan disepakati empat bentuk kerja sama konkrit khususnya terkait dukungan pengembangan IKN Nusantara.

Baca juga: Mulai Dilelang, Rumah Menteri di IKN Senilai Rp 509 Miliar

“Ada beberapa kerja sama yang sudah kita sepakati. Pertama, Kementerian Lingkungan Hidup Korsel akan membantu melalui hibah pembangunan instalasi pemurnian air dengan kapasitas 300 liter/detik,” ujar Menteri Basuki.

Menteri Basuki mengatakan dirinya sudah berkunjung langsung ke Hwaseong Water Purification Plant dan melihat proses di sana.

“Ini adalah the best available technology yang sudah diaplikasikan oleh Korea Selatan sehingga siap minum, sangat reliable karena proses pengolahan akhirnya dilakukan dengan metoda ozonisasi,” ungkap Menteri Basuki.

Selain pembangunan instalasi pemurnian air, terdapat tiga infrastruktur lainnya yang akan dibangun di IKN Nusantara dengan bantuan pemerintah Korsel.

Masing-masing adalah pembangunan instalasi pengolahan limbah cair, pembangunan smart village dan pembangunan terowongan di bawah air atau immerse tunnel antara IKN Nusantara dengan Kota Balikpapan.

Baca juga: Duit Belum Cair, Teken Kontrak Pengembangan Lahan IKN Jadi Molor

Menteri Basuki mengatakan sebelumnya Kementerian PUPR telah menjalin sejumlah kerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup Korea Selatan dan Kementerian Agraria, Infrastruktur dan Transportasi (MOLIT) sejak beberapa tahun lalu.

"Beberapa bentuk kerja samanya yakni pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Karian di Banten untuk penyediaan air baku di Jakarta bagian Barat, termasuk pembangunan water treatment plan dan jaringan distribusinya. Kemudian juga sedang dilakukan feasibility study untuk Semarang Smart Water System,” tandas Menteri Basuki.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com