Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intake Rusak akibat Gempa, Sistem Air Baku Sulteng Dibangun sebagai Pengganti

Kompas.com - 26/07/2022, 14:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rekonstruksi dan peningkatan Sistem Jaringan Air Baku Palu, Sigi, dan Donggala (Pasigala) akan selesai dibangun pada Maret 2023.

Target tersebut merupakan keseluruhan dari dua paket pekerjaan yakni paket I dengan progres baru 19,95 persen dan paket II mencapai 57,15 persen.

Rekonstruksi dan peningkatan sistem jaringan air baku Pasigala untuk mengembalikan fungsi air penyediaan air baku dari Intake Saluki dengan kapasitas 600 liter per detik yang rusak akibat bencana gempa bumi dan likufikasi pada tahun 2018.

Padahal, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, ketersediaan air bersih diyakini mampu meningkatkan kesehatan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi.

"Jadi ketersediaan air bersih dan sanitasi yang baik merupakan basic (dasar) untuk kesehatan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi,” terang Basuki dalam laman Kementerian PUPR, Selasa (26/7/2022).

Baca juga: Penuhi Kebutuhan Air Baku, Pemerintah Kota Bima Terima BMN SPAM

Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi III Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR Taufik menjelaskan lingkup pekerjaan dari rekonstruksi dan peningkatan sistem jaringan air baku Pasigala tersebut.

Ini meliputi rekonstruksi bendung dan kantong lumpur, dan pekerjaan pipa diameter 700 mm sepanjang 22.612 meter.

Kemudian, pemasangan pipa transmisi diameter 800 mm sepanjang 13.132 meter, pemasangan pipa diameter 710 mm sepanjang 8.400 meter, serta lanskap.

Selain rekonstruksi sistem jaringan air baku Pasigala, kata dia, saat ini Kementerian PUPR melalui BWS Sulawesi III Ditjen SDA juga tengah meningkatkan sistem air baku untuk pemenuhan kebutuhan air di hunian tetap (Huntap) bagi masyarakat yang direlokasi dari lokasi likuifaksi.

"Salah satunya yang sudah selesai adalah peningkatan sistem air baku Paneki yang berguna sebagai supply (suplai) kebutuhan air baku di Huntap Pombewe di Desa Pombewe," tambah dia.

Untuk selanjutnya, tengah diselesaikan instalasi pengolahan air bersihnya oleh Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com