Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Bendungan di Pulau Timor NTT Jadi Referensi Timor Leste

Kompas.com - 21/07/2022, 10:00 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Sejumlah anggota Parlemen asal Timor Leste memuji keberadaan tiga bendungan yang dibangun Pemerintah Pusat di wilayah Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pujian itu disampaikan Wakil Ketua Komisi E Parlemen Timor Leste Fabien De Olievera, saat bertemu dengan Wakil Gubernur NTT Josef A Nae Soi, Rabu (20/7/2022).

Menurut Fabian, tujuan anggota Parlemen Timor Leste berkunjung ke NTT adalah untuk melihat dari dekat sejumlah proyek khususnya bendungan di tiga daerah yakni Kabupaten Kupang, Belu dan Timor Tengah Selatan.

Baca juga: Bendungan Terpanjang Se-Asia Tenggara Bakal Aliri 1.900 Hektar Sawah

"Luar biasa. Ternyata di daerah kita, dataran Timor ini, kita bisa buat sesuatu yakni bendungan yang megah. Dari pengamatan dan informasi di lapangan, kami lihat bendungan ini punya multifungsi untuk masyarakat," ujar Fabien.

"Ini sebagai referensi yang baik supaya bendungan seperti ini juga bisa dibangun di Timor Leste khususnya di daerah perbatasan,"sambung dia.

Fabien menyebut, Komisi E Parlemen Timor Leste akan merekomendasikan kepada Menteri Pekerjaan Umum Timor Leste, agar bisa belajar dari NTT untuk pembangunan bendungan serupa.

"Kami akan minta kepada pemerintah supaya kirimkan para insinyur dari Timor Leste untuk belajar bersama insinyur-insinyur di NTT dan Indonesia supaya bisa bangun bendungan seperti ini juga," kata dia.

Febien pun optimistis, kerjasama antara Timor Leste dengan NTT ke depannya akan semakin baik dengan kunjungan Presiden Timor Leste ke NTT di Labuan Bajo.

"Kami juga punya komitmen yang sama. Hubungan kita tetap saudara. Kita satu pulau, hanya dibatasi oleh negara dan bukan oleh kultur. Kita tetap saudara,"kata Fabien.

Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi, mengajak Pemerintah dan Parlemen Timor Leste untuk memperkuat kerja sama atas dasar semangat persaudaraan sebagai sesama warga satu pulau.

"Kita di pulau Timor ini luar biasa. Satu pulau tapi dua negara. Pulau kecil dengan empat bandara internasional, ini luar biasa. Lusa Gubernur NTT akan bertemu dengan Presiden Timor Leste di Labuan Bajo," ujar Josef.

"Kami akan bicara dengan Presiden Timor Leste untuk bangun dua negara ini, mulai dari Pulau Timor. Kami minta dukungan yang sama dari kalangan parlemen Timor Leste," kata Josef.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com