Kompas.com - 26/07/2022, 13:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Okupansi penumpag kereta api (KA) jarak jauh terpantau tetap tinggi atau hampir penuh meskipun ada penerapan aturan perjalanan baru.

Melansir laman resmi PT Kereta Api Indonesia (KAI), Selasa (26/7/2022), okupansi KA jarak jauh pada periode 17-23 Juli 2022 sebesar 96 persen.

Rata-rata volume penumpang KA jarak jauh selama periode tersebut menyentuh 91.994 orang per hari.

Adapun aturan perjalanan baru yang dimaksud tercantum dalam Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nomor 72 Tahun 2022.

SE tersebut mencakup aturan penumpang KA jarak jauh berusia di atas 17 tahun dan belum mendapatkan vaksinasi ketiga (booster), wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen yang masih berlaku pada saat boarding.

Baca juga: Sejarah Jalur Kereta Garut-Cibatu, Rute Andalan Menuju Parahyangan Semasa Kolonial Belanda

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, KAI konsisten mengoperasikan KA sesuai dengan aturan yang ditetapkan pemerintah.

"Kami juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh pelanggan karena tetap mematuhi protokol kesehatan," katanya.

Untuk mendukung percepatan vaksinasi masyarakat, KAI menyediakan layanan vaksinasi Covid-19 di berbagai stasiun dan fasilitas kesehatan KAI. Tercatat selama 17-22 Juli 2022, KAI melayani 521 peserta vaksinasi.

Selain itu, KAI juga masih menyediakan layanan tes Antigen seharga Rp 35.000 di sejumlah stasiun untuk membantu calon penumpang melengkapi persyaratan perjalanan.

Sejak diterapkannya SE Kemenhub No 72 ini, rata-rata peserta tes Antigen di stasiun pada periode 17-23 Juli 2022 yaitu sebanyak 6.101 orang per hari.

Baca juga: Mengapa Banyak Batu di Rel Kereta Api?

"KAI terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan dengan menyediakan konektivitas melalui transportasi kereta api yang aman, nyaman, sehat, dan selamat," tutup Joni.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.