Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

Akses Tol Langsung Bikin Paramount Petals Jadi Makin Strategis

Kompas.com - 29/04/2024, 18:28 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Tak sampai dua tahun ke depan, kota baru Paramount Petals yang dihadirkan PT Paramount Enterprise Internasional (Paramount Land) bakal makin mudah dijangkau menyusul perencanaan dioperasikannya akses tol langsung (direct toll access) dari pintu tol Bitung KM 25,5 di ruas tol Jakarta-Merak.

Karena akses tol langsung itu juga, kota baru seluas 400 hektare yang berlokasi di Jalan Raya Curug, Bitung, Kabupaten Tangerang, Banten, itu makin mudah diakses dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

Melewati akses tersebut, kendaraan dari arah tol ke Paramount Petals tidak perlu melalui Jalan Raya Curug atau Jalan Pasir Randu, Kecamatan Kadu lagi, tapi langsung menyeberang jembatan layang (fly over).

Baca juga: Tahun 2026, Paramount Petals Bakal Punya Akses Tol

Demikian pula sebaliknya, pengunjung dari arah township hanya perlu menyeberang jembatan layang sepanjang 500 meter yang nantinya akan terhubung ke pintu Tol Bitung yang baru.

Akses tol langsung tersebut diplot keluar di sisi utara Paramount Petals dan terkoneksi dengan Boulevard Utama Paramount Petals di sisi selatan kawasan.

Direktur Perencanaan dan Desain Paramount Land Henry Napitupulu menjelaskan bahwa keberadaan direct toll access yang kini sedang dalam progres pembangunan tersebut membuat lokasi Paramount Petals semakin strategis dan mampu meningkatkan added value semua properti yang dikembangkan di wilayah itu.

Selain itu keberadaan direct toll access juga membantu pemerintah setempat dalam melancarkan arus lalu lintas di Jalan Raya Pantura-Curug, khususnya di sekitar mulut tol Bitung.

Teaser mengenai pembangunan direct toll access ini sudah masuk periode kedua. Akhir 2025, (tol) sudah bisa beroperasi dan terkoneksi dengan Jalan Raya Curug. Kota ini akan menggeliat dalam dua tahun ke depan karena secara bujet komunikasi dan proyek massif dilakukan sejak 2023,” kata Henry dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (29/4/2024).

Ia menambahkan bahwa groundbreaking akses tol langsung dilakukan pada Juni 2024. Kini, progres sudah memasuki proses akhir tender dengan kontraktor.

Mudah ke mana-mana

Henry memaparkan dampak langsung yang terasa dengan dibukanya gate Bitung KM 25,5 di masa depan,

Paramount Petals bakal makin mudah dijangkau berkat perencanaan akses tol langsung.Dok Paramount Land Paramount Petals bakal makin mudah dijangkau berkat perencanaan akses tol langsung.

Akses ke koridor bisnis Paramount Petals sisi utara yang kelak akan menjadi pusat bisnis dan komersial terpadu, melalui ruas tol Jakarta-Merak itu, bisa ditempuh kurang dari lima menit.

Dalam situasi normal, pengunjung dari Jalan Raya Pantura-Jalan Raya Curug ke Paramount Petals hanya membutuhkan waktu tempuh 20-30 menit.

Begitu keluar dari tol Jakarta-Merak di gate Bitung KM 25,5, pengunjung juga bisa langsung naik jalan layang non-tol menuju Petals.

Baca juga: Paramount Petals Resmi Punya Area Komersial, Harganya Mulai Rp 1,7 Miliar

“Tujuan akses tol langsung ini memang untuk memecah kepadatan lalu lintas dari mulut tol Bitung ke Paramount Petals atau sebailknya. Dengan begitu, penghuni Paramount Petals yang beraktivitas di penjuru Jabodetabek jadi gampang ke mana-mana,” ucap Henry.

Ia menjelaskan bahwa sebagian besar penghuni Petals bekerja di Jakarta dan Kota Tangerang. Dengan adanya direct access toll, jarak bukan lagi masalah.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com