Kompas.com - 27/07/2022, 19:00 WIB

MAJALENGKA, KOMPAS.com - Manajemen Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat menepis kabar mangkrak.

"Kami pastikan tidak mangkrak. Terminal masih sangat terawat, sistem bekerja dengan baik, ketika dioperasionalkan secara komersial sewaktu-waktu seiring dengan tersambungnya Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), kami sangat siap," ujar VP of Commercial dan Technical PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Ari Widodo menjawab Kompas.com, Rabu (27/7/2022).

Bahkan, manajemen terus melakukan berbagai upaya menjalankan program baru agar BIJB terus tumbuh, berkembang, dan berfungsi dengan baik, meski pun selama dua tahun Pandemi Covid-19, tidak ada aktivitas sama sekali.

Berbagai program jangka pendek dan jangka panjang disiapkan untuk mengembangkan bandara, maupun klaster-klaster dalam kawasan AeroCity BIJB secara keseluruhan.

Baca juga: Bandara Kertajati Disiapkan Jadi Pusat Logistik, Embarkasi Haji dan Umrah

Direktur PT BIJB Muhamad Singgih menuturkan, program jangka pendek adalah menggandeng mitra-mitra strategis yakni maskapai dan travel company untuk program yang sifatnya mudah dikendalikan atau controllable seperti perjalanan umroh dan layanan kargo.

"Tidak lama lagi akan diberangkatkan umroh pada September mendatang. Kemudian meningkatkan kapasitas layanan kargo menjadi 100 ton per hari atau 3.000 ton per bulan," papar Singgih.

Khusus untuk layanan kargo, menurut Singgih, trennya terus menunjukkan peningkatan. Jika pada Desember 2021, masih tercatat 15 ton per hari, per Juli ini sudah mencapai 40 ton hingga 60 ton per hari.

Kemudian membangun mall bekerja sama dengan Asia Cargo Network (ACN) Group, dan hotel di dalam bandara yang merupakan hasil kolaborasi dengan PT Jaswita Jabar dengan nilai investasi Rp 120 miliar.

Sementara untuk program jangka panjang yang akan diimplementasikan adalah membangun Aircraft Maintenancae seluas 84 hektar. Untuk membangun fasilitas ini, BIJB juga menggandeng ACN Group dengan nilai investasi Rp 300 miliar.

Kemudian memperbesar kapasitas layanan kargo hingga 500.000 ton di atas lahan seluas 60 hektar, membangun e-commerce business hubseluas 18 hektar, dan mengembangkan business park.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.