Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kabar Terbaru Proyek Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo

Kompas.com - 27/07/2022, 16:02 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo yang terdiri dari tiga seksi masih berjalan.

Namun sejauh ini yang sudah dalam proses konstruksi baru Seksi 1 Kartosuro-Purwomartani. Sementara seksi lainnya masih dipersiapkan.

Sebagaimana melansir informasi dari laman Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pada Rabu (27/07/2022), pengerjaan konstruksi Seksi 1 Kartosuro-Purwomartani sepanjang 42,38 kilometer terbagi menjadi dua paket.

Paket 1 ruas Solo-Klaten sepanjang 22,3 kilometer, dan Paket 2 ruas Klaten-Purwomartani 20,08 kilometer. Progres konstruksi kedua paket pekerjaan itu telah mencapai 20,72 persen.

Baca juga: Pertama di Indonesia, Tol Yogyakarta-Solo Bakal Punya Jalur Sepeda

Sementara untuk Seksi 2 Purwomartani-Gamping sepanjang 23,43 kilometer dan Seksi 3 Gamping-Purworejo sepanjang 30,77 kilometer masih dalam tahap persiapan pekerjaan fisik dengan target selesai pada tahun 2024 mendatang.

Pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo.Tangkap Layar Instagram BPJT Kementerian PUPR Pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo.
Untuk Seksi 2, pengerjaannya terbagi dalam dua paket. Yaitu Paket 2.1 ruas Purwomartani-Monjali sepanjang 9,43 kilometer dan Paket 2.2 ruas Monjali-Gamping 14 kilometer.

Lalu Seksi 3 juga tebagi menjadi dua paket. Yakni Paket 3.1 ruas Gamping-Wates 17,45 kilometer dan Paket 3.2 ruas Wates-Purworejo 13,32 kilometer.

Untuk diketahui, Tol Solo-Yogyakarta-Bandara YIA Kulon Progo dikelola oleh BUJT PT Jogjasolo Marga Makmur dengan biaya investasi sekitar Rp 26,63 triliun dengan masa konsesi 40 tahun.

Pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo yang membentang sepanjang 96,57 kilometer melintasi dua provinsi.

Yakni Jawa Tengah sepanjang 35,64 kilometer, dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), sepanjang 60,93 kilometer.

Baca juga: Saat Rampung, Tol Solo-Yogya-Bandara Kulon Progo Tersambung Tol Semarang-Solo

Pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo.Tangkap Layar Instagram BPJT Kementerian PUPR Pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo.
Tol Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo memiliki satu persimpangan (junction) Sleman dan sembilan simpang susun (interchange).

Kesembilan Simpang Susun (SS) tersebut yakni, SS Kartosuro, SS Karanganom, SS Klaten, SS Prambanan dan Manisrenggo, SS Purwomartani, SS Gamping, SS Sentolo, SS Wates, dan SS YIA.

Jalan tol ini nantinya akan menghubungkan Ibukota Provinsi DIY dengan Kota Solo. Sehingga akses menuju destinasi pariwisata nasional seperti Candi Prambanan.

Selain itu, mempersingkat waktu perjalanan masyarakat yang akan menuju ke Bandara Internasional Yogyakarta (YIA Kulon Progo).

Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo juga akan berperan dalam peningkatan perekonomian masyarakat di segitiga emas sektor pariwisata Jogjakarta, Solo Semarang (Joglosemar).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com