Kompas.com - 24/09/2021, 15:00 WIB
Kementerian PUPR Mulai Konstruksi Tol Solo-Yogyakarta-Bandara YIA Kulon Progo Kementerian PUPR Kementerian PUPR Mulai Konstruksi Tol Solo-Yogyakarta-Bandara YIA Kulon Progo

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika pembangunannya rampung, Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo Seksi I Kartosuro-Purwomartani akan tersambung Tol Trans-Jawa ruas Semarang-Solo.

Jalan tol yang membentang 96,7 kilometer ini akan menghubungkan Provinsi Jawa Tengah dengan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tak hanya itu, seksi ini juga akan memberikan kontribusi signifikan bagi peningkatan perekonomian masyarakat di wilayah segitiga emas Joglosemar (Yogyakarta-Solo-Semarang)

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif dapat mengurangi biaya logistik.

"Selain itu, meningkatkan daya saing Indonesia untuk menarik investasi serta meningkatkan akselerasi pengembangan destinasi wisata," ujar Basuki dalam keterangan tertulis, Kamis (23/9/2021).

Kehadiran jalan tol juga diharapkan dapat menjadi salah satu solusi mengatasi kepadatan lalu lintas terutama arus komoditas.

Baca juga: Tol Solo-Yogyakarta-Bandara YIA Kulon Progo Senilai Rp 26,6 Triliun Mulai Dibangun

Hingga saat ini, Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo mulai dibangun dengan progres konstruksi Seksi I Kartosuro-Purwomartani sepanjang 42,37 kilometer saat ini sudah mencapai 2,07 persen.

Pembangunannya dilaksanakan oleh kontraktor PT Adhi Karya (Persero) Tbk dengan target Paket 1.1 Solo-Klaten selesai September 2022.

Selanjutnya Seksi II Purwomartani-Gamping sepanjang 23,43 kilometer dan Seksi III Gamping-Purworejo sepanjang 30,77 kilometer masih dalam tahap persiapan pekerjaan fisik dengan target selesai 2024.

Secara keseluruhan, Tol Solo-Yogyakarta-Bandara YIA Kulon Progo memiliki sembilan simpang susun (SS) di sepanjang Jawa Tengah dan DIY.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.