Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama di Indonesia, Tol Yogyakarta-Solo Bakal Punya Jalur Sepeda

Kompas.com - 13/07/2022, 06:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Yogyakarta-Solo direncanakan akan memiliki jalur khusus sepeda yang dibangun di antara dua pagar yang berbatasan dengan main road dan tanah warga di wilayah Klaten.

Pengelola Tol Yogyakarta-Solo, PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM) memastikan jalur sepeda itu berada di luar bangunan utama atau berada di sisi jalan tol.

"Leres (benar), jadi itu sama bagian jalan tol terpisah," ucap Direktur Lahan dan Utilitas JMM Muhammad Tilawatil Amin sebagaimana dilansir dari TribunJogja.com, Senin (11/7/2022).

Amin menjelaskan, proyek jalan tol ini memiliki beberapa bagian, mulai dari bagian utama, pinggir, dan pembatas yang bersentuhan dengan tanah warga.

Baca juga: Dilirik Konglomerat Malaysia, Begini Progres Tol Yogyakarta-Solo

Nantinya, posisi jalur sepeda yang bakal dibangun akan berada di sisi paling luar dan dekat dengan pembatas tanah warga.

"Jalan tol kan ada main road-nya (jalan utama) terus pinggirnya. Nah, batas paling kiri dengan warga itu biasanya ada tembok atau kawat berduri, itu akan dipakai sekitar 5 meter untuk jalur sepeda," jelasnya.

Meski demikian, Amin belum bisa memastikan apakah jalur sepeda akan dibangun satu atau di kedua sisi jalan tol.

Dia hanya bisa menjelaskan bahwa lebar jalur sepeda yang diusulkan sekitar 5 meter.

"Kalau berapa sisi saya belum bisa pastikan, soalnya itu juga memperhatikan anggaran. Tujuannya sebenarnya untuk mendukung pariwisata dan perekonomian Klaten," ulasnya.

Rencana awalnya, jalur sepeda dibangun di Seksi 1 Tol Yogyakarta-Solo yang menghubungkan Kartasura dengan Purwomartani sepanjang 42,3 kilometer.

"Kalau bisa sampai Kulonprogo juga bagus, tapi ini kalau awalnya yang dukung Jawa Tengah (Jateng) ya kita bangun di wilayah Jateng dulu," ungkapnya.

Terkait pintu masuk jalur sepeda itu, bisa masuk mulai dari Kartasura dan rest area yang ada di Kabupaten Klaten.

Baca juga: MLFF Diharapkan Bisa Mengintegrasikan Transaksi di Jalan Tol, Termasuk Beli Makan

"Semua bisa mampir di rest area, jadi kalau mau sepeda bisa dari Kartasura atau masuk rest area dulu terus baru pakai sepeda. Jalur masuk pertama sepedanya bisa masuk dari Kartasura," tandasnya.

Wakil Bupati Klaten Yoga Hardaya membenarkan adanya permintaan pembangunan jalur sepeda pada jalan Tol Yogyakarta-Solo seksi 1 di Kabupaten Klaten.

Tol Yogyakarta-Solo disebut-sebut bakal menjadi jalan tol pertama di Indonesia yang akan dilengkapi dengan jalur sepeda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com