Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Rajai Festival Arsitektur Dunia 2022

Kompas.com - 12/07/2022, 19:45 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bangunan dan lanskap di China mendominasi daftar finalis dalam Festival Arsitektur Dunia atau World Architecture Festival (WAF) 2022.

Secara total, terdapat 420 proyek arsitektur yang menjadi finalis tahun ini. Kemudian, proyek tersebut terbagi dalam tiga kategori penilaian yakni Complete Building (254 proyek), Landscape (19 proyek) dan Future Projects (147 proyek).

Di kategori lanskap misalnya, China menyumbang 12 finalis dari total 17 karya arsitektur yang ada dalam di kategori tersebut, seperti A Floating Forest: Fish Tail Park in Nanchang City, Jinniu Avenue, dan Rural Landscape of Gaodang.

Baca juga: Para Arsitek Ingin Wujudkan Konsep Jakarta Lestari

Sementara itu dalam kategori Complete Building, China juga menyumbangkan beberapa bangunan terbaik. Misalnya, Xiamen Humanity Maternity Hospital, Nanjing OCT Innovation Center dan Taikoo Li Qiantan.

Di kategori Future Project, deretan proyek yang masih dalam tahap pengerjaan di China tetap konsisten berada di posisi finalis.

Beberapa diantara yakni Hangzhou Qianjiang Century City Binhe, Yuchanyan Rice Seed Museum, Library and Youth Center of Luohu, Shenzhen serta Qionglai Future City.

The Handan Wastewater Cleansing Terraces yang dirancang oleh Turenscape. Proyek ini  berada di Cina dan masuk dalam daftar finalis WAF 2022WAF 2022 The Handan Wastewater Cleansing Terraces yang dirancang oleh Turenscape. Proyek ini berada di Cina dan masuk dalam daftar finalis WAF 2022

WAF 2022 sendiri akan berlangsung di Lisbon, Protugal mulai dari 30 November hingga 2 Desember. Tema proyek arsitektur yang diusung kali ini adalah 'Together' atau 'Bersama'.

Nantinya setiap proyek yang menjadi finalis akan diberikan penilaian saat WAF berlangsung. Para arisitek dan desainer akan bersaing untuk 43 hadiah kategori.

Baca juga: 417 Proyek Jadi Finalis di World Architecture Festival 2022

Pemenang kategori kemudian akan bersaing satu sama lain pada hari terakhir festival, untuk mendapat penghargaan tertinggi yaitu World Building of the Year, Landscape of the Year, Future Project of the Year dan Interior of the Year.

Kawasan Mixed Used, U Center Shanghai yang menjadi salah satu finalis di WAF 2022Qingyan Zhu Kawasan Mixed Used, U Center Shanghai yang menjadi salah satu finalis di WAF 2022

Peserta tahun ini juga merupakan hasil rancangan beberapa firma arsitek ternama seperti Foster + Partners, 3XN, Zaha Hadid Architects , Studio Gang, Nikken Sekkei, Mecanoo, dan White Arkitekter.

Sementara itu, panel juri yang dihadirkan yakni Mario Cucinella, Tracy Meller, Sanjay Puri, Gonka Arik Caliskan, Sir Peter Cook, Yui Tezuka, Shane O'Toole, Eva Jiricna, Issa Diabaté, Nadia Tromp, Jo Noero, Ann Lau dan Nigel Coates.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com