Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Gedung Juara di World Architecture Festival (Bagian I)

Kompas.com - 12/12/2021, 07:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Arch Vibe

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah melalui proses penjurian yang intens selama berminggu-minggu, para juri telah memilih gedung pemenang kategori World Architecture Festival 2021.

Seperti dikutip dari Arch Vibe, sejumlah firma arsitektur global terkemuka berhasil membuat gedung rancangan mereka meraih penghargaan di berbagai kategori.

Kategori ' Health-Completed Buildings' dimenangkan oleh Link Arkitektur dan 3XN yang bekerja sama dengan Nickl & Partner dan Kristine Jensens Tegnestue.

Kemenangan tersebut diraih untuk rancangan mereka, North Wing of the Rigshospitalet di Denmark.

Baca juga: 10 Biro Arsitek Terbaik di Dunia (Bagian 2)

Para Juri berkomentar bahwa proyek ini telah dikerjakan secara cermat dan mempertimbangkan situasi kerja harian staf di seluruh lingkungan rumah sakit.

Sementara itu, bangunan dengan desain terbaik dalam kategori 'Higher Education and Research-Completed Buildings’ dimenangkan oleh firma arsitek RTA + Irving Smith untuk Scion Innovation Hub di Selandia Baru.

Scion Innovation Hub merupakan lembaga riset tekonologi di Selandia baru dan dibangun oleh arsitek RTA + Irving Smith.Indesign Live Scion Innovation Hub merupakan lembaga riset tekonologi di Selandia baru dan dibangun oleh arsitek RTA + Irving Smith.
Scion Innovation Hub merupakan lembaga riset yang mengkhususkan diri dalam pengembangan teknologi untuk industri kehutanan.

Para juri mengatakan kunci kemanangan proyek ini karena kesederhanaan dalam desain, penggunaan bahan yang minimum serta kemampuan untuk dibongkar dan dipasang kembali.

Pemenang kategori 'Mixed-Use Completed Buildings' jatuh kepada The Post Building di London. Bangunan ini dirancang oleh firma arsitek Inggris, Allford Hall Monaghan Morris.

The Post Building di London, dirancang oleh firma arsitek Allford Hall Monaghan Morris. Post Building The Post Building di London, dirancang oleh firma arsitek Allford Hall Monaghan Morris.
Para juri memuji kelihaian para arsitek yang berani menggunakan struktur industrial di pusat kota dan mengintegrasikannya dengan perumahan sosial untuk keluarga dan pekerja.

Selanjutnya Atelier tao+c menang dalam kategori “New & Old Completed Building' untuk Hotel Kapsul dan toko buku di desa Qinglongwu, China.

Hotel Kapsul dan toko buku di desa Qinglongwu, China. Bangunan ini didesain oleh Atelier tao+c .Archdaily Hotel Kapsul dan toko buku di desa Qinglongwu, China. Bangunan ini didesain oleh Atelier tao+c .
Gedung ini digambarkan oleh para juri sebagai bangunan dengan detail indah dan berhasil mempertahankan semangat pertanian keluarga dengan tampilan yang sama sekali baru.

Dalam pembuatan gedung ini, para arsitek menggunakan dinding rammed earth sebagai wadah untuk menyisipkan perpustakaan, dijalin melalui dua tumpukan kamar asrama berbentuk kapsul.

 

Bersambung...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com