Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Progres Terbaru Jalan Tol Cibitung-Cilincing

Kompas.com - 11/12/2021, 13:31 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber BPJT

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran Jalan Tol Cibitung-Cilincing sebagai jaringan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta/ Outer Ring Road (JORR) 2 sangat penting.

Pasalnya tol dengan total panjang 34,77 kilometer ini telah menghubungkan kawasan strategis Jakarta-Bogor-Depok-Tanggerang-Bekasi ( Jabodetabek).

Dari total 4 seksi di Jalan Tol Cibitung-Cilincing, baru satu seksi yang telah sepenuhnya rampung. Sementara 3 seksi lainnya masih dalam tahap pengerjaan.

Mengutip situs Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Jalan Tol Cibitung-Cilincing Seksi 1 ruas SS Cibitung-Telaga Asih telah rampung pada bulan Juli lalu. Seksi sepanjang 2,6 kilometer bahkan sudah resmi dioperasikan.

Baca juga: Tol Cimanggis-Cibitung dan Tol Cibitung-Cilincing Bakal Dijual

Kemudian untuk Seksi 2 ruas Telaga Asih-Muara Bakti dengan panjang 10,3 kilometer, masih dalam tahap pengerjaan dengan progres mencapai 98,07 persen.

Seksi 3, ruas Muara Bakti-Kanal Banjir Timur sepanjang 14,35 kilometer, progres pengerjaanya mencapai 93,98 persen.

Ditargetkan dua ruas jalan baik seksi 2 dan seksi 3, pengerjaan konstruksinya akan selesai pada akhir tahun 2021.

Selanjutnya Seksi 4 ruas Kanal Banjir Timur-Cilincing sepanjang 7,2 kilometer, progresnya telah mencapai 64,14 persen dan ditargetkan tuntas pada Maret 2022 mendatang.

Jalan Tol ini akan menghubungkan sekaligus memperlancar konektivitas logistik, industri, hingga mobilitas masyarakat yang terhubung dari Cibitung hingga Cilincing dan langsung terkoneksi dengan Jaringan Tol JORR 2 lainnya.

Nantinya Jalan Tol ini juga mendukung akses logistik menuju Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta Utara hingga kawasan industri di sekitarnya.

Jalan Tol Cibitung-Cilincing juga akan tersambung dengan Jalan Tol Cimanggis–Cibitung dan Jalan Tol Jakarta–Cikampek di bagian selatan dan Jalan Tol Akses Tanjung Priok di bagian utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BPJT
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com