Kompas.com - 11/12/2021, 16:31 WIB
Ilustrasi investasi real estate digital Getty ImagesIlustrasi investasi real estate digital

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketertarikan orang pada hal-hal yang berbau digital seperti mata uang kripto, token non-fungible (NFT), dan Metaverse, memunculkan prespektif baru.

Mengutip Motley Fool, para investor bahkan mulai bertanya-tanya apakah mereka harus mengalokasikan dana untuk berinvestasi di dunia real estat virtual.

Real estat virtual adalah jenis properti baru yang belum pernah ada sebelumnya. Karena benar-benar baru, mereka yang memiliki properti di dunia digital hanya yang memiliki banyak uang.

Baca juga: Metaverse, Masa Depan Investasi Tanah Digital

Namun, karena real estat metaverse tidak benar-benar nyata meskipun sudah dibeli, masih memberi pertanyaan besar, apakah ini bisa menjadi invesasi yang bernilai untuk jangka panjang?

Beralih ke real estat virtual adalah lompatan yang besar, baik di platform yang Anda pilih maupun dalam konsep metaverse secara keseluruhan.

Metaverse sendiri merupakan kumpulan platform yang memungkinkan para penggunanya untuk berinteraksi secara real time.

Para pengguna Metaverse bahkan memiliki sistem ekonomi lokal, yang memungkinkan mereka untuk membeli, menjual, dan memperdagangkan obyek dalam platform atau menambang cryptocoin.

Salah satu platform metaverse paling populer adalah The Sand Box, yang merupakan dunia virtual tempat setiap penggunanya bisa membangun apa pun yang dapat mereka bayangkan.

Apa yang diciptakan tersebut kemudian bisa dijual kepada pengguna lain yang ingin memiliki kavling Sandboxing mereka.

Jadi, meskipun platformnya terlihat seperti game, para pengguna bisa melakukan apa pun yang mereka inginkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.