Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/06/2022, 11:41 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tepat hari ini, Rabu (22/6/2022), Kota Jakarta resmi memasuki usia ke-495 tahun. Sebuah usia yang tak lagi muda, karena 5 tahun mendatang ibu kota negara ini akan berusia 5 abad.

Bagi Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta, ini merupakan momentum yang tepat untuk  mempercepat perwujudan konsep Jakarta Lestari.

Ketua IAI Jakarta, Doti Windajani mengatakan lima tahun merupakan rentang waktu yang cukup untuk memulihkan Jakarta dari multi krisis yang dihadapinya.

Baca juga: Semarakkan HUT Jakarta, 11 Museum Gratiskan Biaya Masuk

“Program Trilestari IAI Jakarta adalah memperkuat posisi organisasi, memberdayakan kompetensi anggotanya dan berkontribusi pada masyarakat dan kota Jakarta,” ujar Doti dalam acara Media Briefing Selasa (21/6/2022).

Dikatakan, penyelenggaraan program-program tersebut akan melibatkan seluruh pemangku kepentingan, mulai dari pemerintah, organisasi keprofesian, organisasi non pemerintah, organisasi internasional, organisasi masyarakat bahkan masyarakat sendiri.

IAI Jakarta sendiri memiliki beberapa program unggulan yang tengah berlangsung dan akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Beberapa programnya antara lain bekerja sama dengan Biro Penataan Kota dan Lingkungan Hidup Pemprov DKI Jakarta untuk membuat Kajian Transit Oriented Development (TOD) dan Kajian Kampung Kota.

Bersama dengan PTSP DKI Jakarta, IAI juga akan menginventarisasi pembuatan IMB untuk Bangunan Ibadah di Jakarta serta membuat program bersama Lisensi Arsitek.

Progam lainnya seperti Kampanye Jakarta Disable Act, Lembaga Bantuan Arsitektur dan dibuatnya acara Penghargaan Jakarta Lestari, yaitu pemberian penghargaan kepada semua pihak yang memiliki kontribusi terhadap Jakarta Lestari.

Baca juga: Jakarta Hajatan Ke-495, Naik Transjakarta Gratis Rabu Ini

Dalam acara tersebut, juga dihadirkan beberapa Ketua IAI Jakarta periode sebelumnya, untuk menjelaskan pengalamannya dan sekaligus berpartisipasi dalam mewujudkan Jakarta Lestari melalui momentum 5 tahun jelang 5 abad Jakarta.

“Kehadiran Ketua IAI Jakarta sebelumnya ini merupakan upaya kami untuk membuat sinergi perjuangan IAI Jakarta sejak dulu hingga saat ini,” tambah Doti.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua IAI Jakarta periode 2009-2012 Her Pramtama mengatakan kota Jakarta memiliki banyak masalah dan arsitek bisa membantu menyelesaikannya. 

“Arsitek adalah agen pembangunan dan pembaharuan memiliki tanggung jawab terhadap permasalahan kota yang timbul dari dampak pembangunan. Saya yakin IAI Jakarta dapat berperan aktif menyusun road map peradaban Jakarta yang modern dan lestari,” Tegas Her Pramtama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com