Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Mei, BP Tapera Realisasikan Akad Pembiayaan 846 Rumah

Kompas.com - 09/06/2022, 08:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga 31 Mei 2022, Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) telah merealisasikan akad pembiayaan perumahan sebanyak 846 unit.

Komisioner BP Tapera Adi Setianto mengatakan, jumlah tersebut setara dengan kucuran dana sebesar Rp 126,65 miliar.

"Hingga akhir Mei 2022 ini, BP Tapera tercatat telah merealisasikan akad pembiayaan perumahan sebanyak 846 unit, atau setara dengan Rp 126,65 miliar," ungkap Adi dalam rilis, Rabu (8/6/2022).

Saat ini, BP Tapera tengah mempercepat target pemutakhiran data kepesertaan dengan menyelenggarakan program “Gelegar Rezeki Tapera”.

Program ini merupakan apresiasi kepada para Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang telah melakukan pemutakhiran data melalui portal sitara.tapera.go.id.

Bagi peserta Tapera yang telah melakukan pengkinian data di portal kepesertaan Sitara, maka secara otomatis memiliki kesempatan untuk memperoleh hadiah.

Baca juga: Perluas Pendapatan Tetap, BP Tapera Tunjuk 7 Manajer Investasi

Program ini akan digelar di tiga periode. Pertama, April 2022-Juni 2022, Juli 2022-September 2022, dan Oktober 2022-Desember 2022.

Manfaat dari pemutakhiran data ini adalah dapat mengetahui saldo tabungan terkini dan menentukan prinsip pengelolaan dana apakah dikelola secara konvensional atau syariah.

Selain itu, juga peserta yang melakukan pemutakhiran data dapat merencanakan dan memilih pemanfaatan pembiayaan perumahan Tapera.

Nantinya, simpanan peserta akan dikembalikan beserta hasil pemupukan ketika kepesertaan berakhir.

Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional (DPKN) Zudan Arif Fakrulloh menyampaikan, Pegawai Negeri Sipil (PNS) masih sedikit yang memanfaatkan dana dari BP Tapera.

Untuk itu, dukungan terhadap program BP Tapera dalam rangka melakukan pemutakhiran data peserta oleh para PNS ini dilakukan agar mereka bisa memanfaatkan pembiayaan dari Tapera.

Pembiayaan yang dimaksud mulai dari Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Renovasi Rumah (KRR) dan Kredit Bangun Rumah (KBR).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com