[POPULER PROPERTI] Biar Tak Boros Listrik, Begini Cara Hitung Kebutuhan AC

Kompas.com - 18/05/2022, 09:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Air conditioner (AC) adalah alat yang berguna untuk mengatur suhu ruangan dan membuatnya terasa lebih sejuk.

Namun, sebelum memasang AC di rumah, pastikan Anda memahami rumus perhitungan kebutuhan AC dalam ruangan agar tidak boros listrik.

Arsitek Ogie Hartantyo menjelaskan terkait paard kracht (PK) atau horsepower sebagai tenaga dari sebuah AC.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menghitung luas bangunan rumah untuk mengetahui hasil British Thermal Unit (BTU) atau daya pendingin AC, daya listrik, dan PK kompresor AC yang dibutuhkan.

Misalnya, ruangan mezzanine dua lantai seluas 4x5 meter persegi. Dalam contoh ini, dibutuhkan 500 BTU per jam (BTU/h) untuk setiap satu meter persegi ruangan.

Rumus BTU-nya adalah 4x5x2x500, maka hasil yang didapat adalah 20.000 BTU. Sehingga, Anda bisa menggunakan AC dengan 2 hingga 2,5 PK.

Artikel ini menjadi terpopuler di kanal Properti Kompas.com, Rabu (18/5/2022).

Lantas, dengan PK tersebut berapa unit AC yang dibutuhkan? Selanjutnya baca di sini Sebelum Pasang AC, Simak Rumus Ini agar Tak Boros Listrik

Viral di media sosial Twitter mengenai biaya hidup di Yogyakarta yang disebut murah, padahal kenyataan di lapangan mengatakan sebaliknya.

Terkait hal ini, Survei Biaya Hidup (SBH) oleh Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2018 menunjukkan, kota yang memiliki rata-rata total pendapatan rumah tangga tertinggi selama sebulan adalah Jakarta sebesar Rp 21.433.656.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.