Kompas.com - 19/01/2022, 14:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah cukup memberikan atensi besar pada ketersediaan infrastruktur sumber daya air, khususnya bendungan.

Buktinya sejak 2015 hingga 2020 telah selesai dibangun 14 bendungan yang tersebar di beberapa daerah Indonesia. Kemudian pada 2021 sebanyak 13 bendungan.

Presiden Jokowi mengatakan, pembangunan bendungan dilakukan untuk menciptakan ketahanan, kemandirian, serta kedaulatan pangan.

"Ini bisa terjadi jika di seluruh provinsi ada air, kuncinya ada air. Air itu ada kalau kita memiliki bendungan sebanyak-banyaknya. Oleh sebab itu, kenapa bendungan-bendungan ini kita bangun," ujarnya saat peresmian Bendungan Bintang Bano, Jumat (14/01/2022) lalu.

Baca juga: Bintang Bano, Bendungan Pertama Garapan Hutama Karya yang Diresmikan Jokowi Tahun 2022

Di berbagai kesempatan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono juga menyampaikan, pembangunan bendungan bertujuan untuk peningkatan volume tampungan air.

Sehingga suplai air irigasi ke lahan pertanian terus terjaga, adanya penyediaan air baku, dan pengendalian banjir.

"Pembangunan bendungan akan diikuti dengan pembangunan jaringan irigasinya, sehingga dengan adanya suplai air yang kontinu dari bendungan, petani yang sebelumnya hanya satu kali tanam setahun, bisa bertambah menjadi 2-3 kali tanam," terang Basuki.

Adapun, pemerintah melalui Kementerian PUPR masih terus menambah jumlah infrastruktur bendungan di Indonesia.

Sebagaimana dilansir dari unggahan akun resmi Instagram Kementerian PUPR pada Rabu (19/01/2022), terdapat 11 bendungan yang ditargetkan selesai pada 2022.

Namun, sudah ada dua bendungan yang telah rampung dan diresmikan oleh Presiden Jokowi, yaitu Bendungan Randuguting di Blora, Jawa Tengah dan Bendungan Bintang Bano di Sumbawa Barat, NTB.

Lantas, bendungan mana saja sisanya? Berikut daftarnya.

  1. Bendungan Ciawi di Bogor, Jawa Barat
  2. Bendungan Sukamahi di Bogor, Jawa Barat
  3. Bendungan Margatiga di Lampung Timur, Lampung
  4. Bendungan Sadawarna di Subang, Jawa Barat
  5. Bendungan Lolak di Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara
  6. Bendungan Semantok di Nganjuk, Jawa Timur
  7. Bendungan Tamblang di Buleleng, Bali
  8. Bendungan Beringinsila di Sumbawa, NTB
  9. Bendungan Kuwil Kawangkoan di Minahasa, Sulawesi Utara
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.