Kompas.com - 28/10/2021, 15:00 WIB
Ilustrasi tata ruang. Dok. Kementerian ATR/BPN.Ilustrasi tata ruang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) tidak hanya menghukum pelanggar, melainkan juga memulihkan tata ruang.

Ini merupakan nilai tambah terhadap pelaksanaan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR) di suatu wilayah dalam mendorong terwujudnya tertib tata ruang sesuai Rencana Tata Ruang (RTR).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Direktur Jenderal (Dirjen) Pengendalian dan Penertiban Tanah dan Ruang (PPTR) Budi Situmorang mengatakan hal ini dikutip dari laman Kementerian ATR/BPN, Kamis (28/10/2021).

"Jadi kita tidak sekadar hanya menghukum. Saya mengatakan ini karena pengendalian yang berbasis nilai tambah," terang Budi.

Ketentuan ini sebagaimana tercantum dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 20 Tahun 2021 tentang Penertiban Kawasan dan Tanah Telantar dan PP Nomor 21 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Penataan Ruang.

Dalam PP 21/2021 disebutkan, KKPR dan sinkronisasi akan menghasilkan suatu pemanfaatan ruang.

Baca juga: Pengendalian dan Pemanfaatan Punya Peran Sentral dalam Tata Ruang

Kemudian, Ditjen PPTR akan melakukan penilaian pelaksanaan KKPR dan pernyataan mandiri pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UMK), penilaian perwujudan RTR, serta pemberian insentif dan disinsentif.

"Kami mengawasi, mengendalikan, bahkan bila perlu menertibkan. Penertiban sanksi ini berupa administrasi maupun pidana," ujar Budi.

Dalam Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (UUCK) dikatakan, sanksi administrasi harus diprioritaskan terlebih dahulu agar Pemerintah bisa melakukan pencegahan.

Hasil pengendalian ini untuk meninjau kembali sehingga benar-benar tata ruang diterbitkan untuk mendorong terwujudnya RTR.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.