Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuartal III-2021, Acset Raih Pendapatan Rp 1,081 Triliun

Kompas.com - 28/10/2021, 13:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga Kuartal III tahun 2021, PT Acset Indonusa Tbk (ACSET) berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp 1,081triliun.

Raihan pendapatan tersebut meningkat sebesar 12,5 persen dari sebelumnya Rp 960,73 miliar yang diperolah pada periode yang sama tahun 2020.

Terus berkomitmen menjaga konsistensi dalam mencatatkan perbaikan pada beban dan biaya keuangan, Perseroan berhasil menurunkan rugi bersih sebesar 49 persen dari Rp 753,38 miliar menjadi Rp 385,82 miliar.

Sementara itu, perolehan kontrak baru yang berhasil didapatkan Acset hingga periode ini adalah sebesar Rp 369,92 miliar, terdiri dari proyek bidang fondasi, infrastruktur dan struktur.

Presiden Direktur PT Acset Indonusa Tbk Idot Supriadi menuturkan, beberapa kontrak baru tersebut di antaranya adalah pekerjaan bidang fondasi di JPO Stasiun LRT Kuningan dan Shore Protection PLTU Batang.

Baca juga: Penambahan Modal Acset Indonusa Disetujui Pemegang Saham

"Seluruh proyek fondasi dikerjakan oleh anak usaha Acset yakni PT Acset Pondasi Indonusa. Sementara di bidang infrastruktur, Acset mendapatkan pekerjaan di Scrap Fill & Overlay (SFO)," kata Idot dalam rilis Rabu (27/10/2021).

Kemudian pada bidang struktur, Acset mendapatkan kontrak baru di pekerjaan Apartemen Cleon Park Garden City.

Berdasarkan kontribusi per lini bisnis dalam perolehan pendapatan periode ini didominasi oleh sektor infrastruktur sebesar 51,4 persen, konstruksi sebesar 37,6 persen, fondasi sebesar 7,0 persen dan sektor lainnya sebesar 4,0 persen.

Sektor lainnya menggambarkan aktivitas perdagangan dan jasa sewa yang dilakukan oleh anak usaha.

Perseroan juga telah menyelesaikan Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD) pada 27 Agustus 2021 setelah sebelumnya mendapatkan persetujuan para pemegang saham melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa,pada 18 Agustus 2021.

Total perolehan dana dalam aksi korporasi senilai Rp1,5triliun dan telah digunakan Perseroan untuk memperbaiki dan memperkuat struktur permodalan Perusahaan dalam menyongsong kontrak-kontrak baru ke depannya.

Baca juga: Bertahan di Tengah Pandemi, Acset Buka Peluang Bangun Data Center

Di tengah kondisi yang menantang akibat pandemi, Acset terus berkomitmen untuk melakukan perbaikan kinerja. Operational excellence dengan disiplin finansial masih menjadi agenda besar Acset pada tahun ini.

Pengkajian kembali proses bisnis dilakukan secara intensif agar dapat memberikan pelayanan dengan biaya yang lebih efisien bagi pelanggan perusahaan.

Hal ini juga didukung oleh inisiatif-inisiatif digitalisasi yang diharapkan dapat menciptakan infrastruktur sistem yang lebih andal bagi kegiatan operasional Acset.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com