Kompas.com - 28/10/2021, 11:30 WIB
Ilustrasi properti Unplash/Tierra MallorcaIlustrasi properti

JAKARTA, KOMPAS.com - Agar perbankan yakin menyalurkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bagi konsumen properti, sebagian besar anggota Real Estat Indonesia (REI) telah menandatangani perjanjian buy back guarantee (jaminan membeli kembali).

Wakil Ketua Umum (Waketum) Real Estat Indonesia (REI) Bambang Ekajaya mengatakan hal ini seperti dikutip dari kanal YouTube IDX Channel, Rabu (27/10/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kalau dengan pihak perbankan sendiri, sebagian besar pengembang kita sudah menandatangani satu perjanjian namanya buy back guarantee," ungkap Bambang.

Artinya, selama proses KPR berlangsung hingga proses serah terima, pengembang menjamin proyek maupun kemampuan bayar konsumen agar tidak terjadi hal-hal tak diinginkan.

Bambang mengungkapkan, buy back guarantee menjadi jaminan tambahan dari pengembang kepada perbankan.

Dia mengakui, dalam pelaksanaan untuk penyaluran KPR ini, perbankan akan memperhatikan faktor risiko si calon konsumen seperti BI-checking.

"Itu kadang-kadang mempersulit konsumen mendapatkan KPR. Jadi kehati-hatian ini memang perlu," kata dia lagi.

Baca juga: Ada Tax Amnesty Jilid II, REI Harap WNA Tak Ragu Beli Properti di Indonesia

Dengan adanya perjanjian buy back guarantee, perbankan bisa mempertimbangkan untuk memudahkan penyaluran fasilitas KPR kepada konsumen.

"Sehingga, jumlah konsumen yang disetujui makin hari, makin besar dan akhirnya juga properti bisa tumbuh lebih besar," ucap dia.

REI juga meminta dukungan perbankan dalam memudahkan fasilitas KPR bagi konsumen, termasuk generasi milenial.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.