Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perumahan Subsidi di Kalsel Dapat Bantuan PSU Rp 10,4 Miliar

Kompas.com - 23/10/2021, 15:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 1.607 unit rumah bersubsidi di Kalimantan Selatan pada tahun ini mendapatkan bantuan Prasarana, Sarana dan Utilitas (PSU).

Total anggaran bantuan PSU yang disalurkan senilai Rp 10,4 Miliar dan tersebar di 19 lokasi perumahan pada enam Kabupaten/Kota.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid mengatakan, Pemerintah berupaya terus mendorong pembangunan rumah bersubsidi di seluruh Indonesia.

"Untuk itu, pemerintah memberikan stimulan berupa PSU bagi para pengembang perumahan yang membangun rumah bersubsidi," katanya dikutip dari laman Ditjen Perumahan, Sabtu (23/10/2021).

Baca juga: Bogor, Incaran Keluarga Muda Produktif Pencari Rumah

Khalawi menerangkan, pembangunan PSU merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mewujudkan rumah layak huni dan terjangkau khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

"Sekaligus mendorong capaian Program Sejuta Rumah," ujarnya.

Pembangunan PSU yang dilaksanakan berupa peningkatan kualitas jalan lingkungan perumahan bersubsidi.

Dengan demikian, masyarakat bisa menikmati hasil pembangunan dan mewujudkan lingkungan hidup yang nyaman.

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Kalimantan II Hujurat menerangkan, jumlah rumah bersubsidi di Kalimantan Selatan yang mendapatkan bantuan PSU pada tahun 2021 sebanyak 1.607 unit.

Baca juga: Ini 5 Rekomendasi Rumah Murah di Depok, Harga Mulai Rp 180 Jutaan

"Total anggaran yang disalurkan untuk pembangunan PSU senilai Rp 10,4 Miliar. Pembangunan PSU tersebar di 19 lokasi perumahan pada enam Kabupaten atau Kota," terangnya.

Hujurat juga berharap Pemda bisa mendorong para pengembang untuk lebih pro aktif untuk mengusulkan bantuan PSU melalui aplikasi SIBARU (Sistem Informasi Bantuan Perumahan).

SIBARU merupakan aplikasi yang digunakan Ditjen Perumahan Kementerian PUPR untuk mempermudah Pemda dalam mengusulkan bantuan perumahan bagi masyarakatnya. Salah satunya untuk pengajuan bantuan PSU.

Dengan demikian, ke depannnya diharapkan lebih banyak pengembang yang membangun rumah bersubsidi dengan memiliki kualitas lingkungan yang baik.

Adapun salah satu perumahan yang mendapatkan bantuan PSU di Kalsel yakni di Perumahan Batola Residence II, Kota Banjarmasin.

Perumahan tersebut mendapatkan PSU senilai Rp 958 juta berupa jalan lingkungan sepanjang 715 meter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com