Kompas.com - 23/10/2021, 13:00 WIB
Ilustrasi green building. www.shutterstock.comIlustrasi green building.

JAKARTA, KOMPAS.com - Konsep green building atau bangunan gedung hijau sejatinya patut diseriusi seluruh pihak seiring ancaman perubahan iklim dunia.

Termasuk Pemerintah melalui Kementerian PUPR selaku leading sector pembangunan sarana dan prasaranan infrastruktur di Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari segi payung hukum, Kementerian PUPR telah menerbitkan peraturan terkait pembangunan infrastruktur ramah lingkungan dan menekan emisi karbon.

Baca juga: Green Building, Yay or Nay?

Regulasi dimaksud adalah Peraturan Menteri (Permen) PUPR Nomor 9 tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Konstruksi Berkelanjutan dan Permen PUPR Nomor 21 Tahun 2021 tentang Penilaian Kinerja Bangunan Gedung Hijau (BGH).

Tak hanya payung hukum, Kementerian PUPR juga berupaya mengimplementasikan pembangunan infrastruktur berkonsep green building, berikut contohnya.

Pasar Atas Bukittinggi

Pasar Atas atau Pasar Ateh Bukittinggi yang dirancang dengan konsep green buildingDok. Kementerian PUPR Pasar Atas atau Pasar Ateh Bukittinggi yang dirancang dengan konsep green building
Pasar Atas atau biasa disebut Pasar Ateh di Bukittinggi yang diresmikan pada 2020 lalu ini dirancang green building oleh Kementerian PUPR.

Pasar yang terdiri dair empat lantai dan satu basement ini tidak dilengkapi pendingin ruangan. Cukup mendesain sirkulasi udara proporsional, sehingga hemat energi.

Baca juga: Ternyata, Sertifikat Green Building Pengaruhi Harga Jual Gedung

Atap Pasar Ateh juga didesain dengan material yang tembus cahaya. Sehingga memaksimalkan cahaya matahari sebagai sumber penerangan gedung saat siang hari.

Untuk semakin mengurangi penggunaan energi, pasar ini dilengkapi pembangkit listrik tenaga surya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.