Kompas.com - 23/10/2021, 14:00 WIB
Ilustrasi rumah. Dok. Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPRIlustrasi rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika mendiami sebuah rumah, terkadang kita mendapati suara bising dari luar. Tentu saja, hal ini bisa sangat mengganggu.

Mulai dari suara mobil, motor, konstruksi, musik, riuh percakapan tetangga dan sejenisnya. Semua itu merupakan bagian dari kehidupan yang utamanya terjadi di kota-kota besar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melansir Archdaily, bahan bangunan konvensional yang digunakan dalam konstruksi terbaru umumnya memiliki sifat isolasi suara yang terbatas.

Dinding yang terbuat dari tanah liat atau bata beton, atau bahkan blok struktural, tidak mampu mengisolasi suara dari satu hunian ke hunian lainnya.

Baca juga: 8 Cara Efektif Kurangi Bising di Ruang Terbuka

Jendela konvensional pada umumnya juga tidak memberikan isolasi suara yang bagus. Bingkai jendela yang biasa juga tidak memiliki kapasitas untuk mengendalikan kebisingan.

Namun terdapat sejumlah cara mengatasi suara bising, meski tidak ada solusi 100 persen yang dapat mengisolasi suara dari luar rumah. Kecuali sejak awal dirancang untuk kedap suara.

Sebelum menerapkannya, Anda perlu mengidentifikasi sumber suara terlebih dahulu. Sebab, setiap sumber kebisingan memiliki solusi tersendiri.

Sehingga, solusi berikut ini dapat mengendalikan kebisingan eksternal tanpa mengisolasi diri dari suara-suara di lingkungan sekitar.

Kebisingan dari Jalanan

Jika sumber kebisingan datang dari jalanan dan memasuki ruangan melalui jendela, solusi paling efektif adalah memasang jendela dua panel.

Halaman:


Sumber Archdaily
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.