Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terganggu Suara Bising dari Luar Rumah? Begini Cara Mengatasinya

Kompas.com - 23/10/2021, 14:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Archdaily

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika mendiami sebuah rumah, terkadang kita mendapati suara bising dari luar. Tentu saja, hal ini bisa sangat mengganggu.

Mulai dari suara mobil, motor, konstruksi, musik, riuh percakapan tetangga dan sejenisnya. Semua itu merupakan bagian dari kehidupan yang utamanya terjadi di kota-kota besar.

Melansir Archdaily, bahan bangunan konvensional yang digunakan dalam konstruksi terbaru umumnya memiliki sifat isolasi suara yang terbatas.

Dinding yang terbuat dari tanah liat atau bata beton, atau bahkan blok struktural, tidak mampu mengisolasi suara dari satu hunian ke hunian lainnya.

Baca juga: 8 Cara Efektif Kurangi Bising di Ruang Terbuka

Jendela konvensional pada umumnya juga tidak memberikan isolasi suara yang bagus. Bingkai jendela yang biasa juga tidak memiliki kapasitas untuk mengendalikan kebisingan.

Namun terdapat sejumlah cara mengatasi suara bising, meski tidak ada solusi 100 persen yang dapat mengisolasi suara dari luar rumah. Kecuali sejak awal dirancang untuk kedap suara.

Sebelum menerapkannya, Anda perlu mengidentifikasi sumber suara terlebih dahulu. Sebab, setiap sumber kebisingan memiliki solusi tersendiri.

Sehingga, solusi berikut ini dapat mengendalikan kebisingan eksternal tanpa mengisolasi diri dari suara-suara di lingkungan sekitar.

Kebisingan dari Jalanan

Jika sumber kebisingan datang dari jalanan dan memasuki ruangan melalui jendela, solusi paling efektif adalah memasang jendela dua panel.

Dapat menghasilkan peredam suara yang lebih besar daripada jendela satu panel.

Karena kaca ganda dan bingkai, yang juga diisi dengan bahan pereduksi suara. Selain itu, jendela ini juga memiliki segel kedap udara yang membantu melindungi lingkungan interior.

Anda dapat dengan mudah mengganti jendela konvensional dengan jendela dua panel, meskipun akan memerlukan beberapa renovasi.

Atau, Anda dapat memasang jendela interior kedua di atas jendela biasa.

Kebisingan dari Tetangga Samping

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com