Kompas.com - 16/10/2021, 06:30 WIB
Ilustrasi. www.shutterstock.comIlustrasi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga sebidang tanah di Jakarta terus membubung tinggi dan makin sulit dijangkau.

Jangankan oleh kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), kelas menengah-menengah pun mesti berpikir seribu kali untuk dapat mengaksesnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Akibatnya, harga properti rumah dan apartemen makin tak masuk akal, dan hanya bisa dijangkau oleh mereka yang tergolong merdeka secara finansial.

Berapa harga sebidang tanah di Ibu Kota?

Mengutip peta sebaran nilai bidang tanah yang digunakan untuk membangun rumah yang dipublikasikan Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR/BPN), wilayah pusat Jakarta memegang catatan termahal dengan angka lebih dari Rp 50 juta per meter persegi.

Baca juga: Harga Rumah di Bandung, Denpasar, dan Jakarta Lebih Mahal Dibanding New York dan Tokyo

Tak mengherankan jika harga apartemen Casa Domaine di kawasan Kota BNI, Jakarta Pusat, dibanderol sekitar Rp 65 juta-Rp 70 juta per meter persegi.

Jika kita membeli unit terkecil dua kamar tidur 147 meter persegi saja, kocek yang harus dirogoh sekitar Rp 10 miliar. Ini belum termasuk Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) sebesar 20 persen.

Demikian halnya dengan wilayah Central Business District (CBD) Jakarta lainnya, seperti Senayan, Kebon Melati, dan Menteng.

Menurut Chairperson of Green Building Council Indonesia Iwan Priyanto, nilai bidang tanah dari peta sebaran Kementerian ATR/BPN ini di atas Nilai Jual Obyek Pajak (NJOP), tetapi di bawah harga pasar.

Tanah dengan nilai puluhan juta tersebut sangat mudah diakses oleh transportasi publik dan dikelilingi sejumlah fasilitas.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.